Minggu, 24 Maret 2019 23:05

Siap Revitalisasi Pasar Tradisional, Wali Kota Ita Tinjau Tiga Lokasi

Jumat, 11 Januari 2019 18:04 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Siap Revitalisasi Pasar Tradisional, Wali Kota Ita Tinjau Tiga Lokasi
Wali Kota Ita saat berbincang dengan salah satu pedagang.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Jumat (11/1), kembali meninjau beberapa pasar tradisional yang menjadi sentra ekonomi masyarakat Kota Mojokerto.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan ekonomi daerah yang mandiri, berdaya saing, berkeadilan dan berbasis pada ekonomi kerakyatan melalui peningkatan fasilitas pembangunan infrastruktur daerah sebagaimana visi misi Pemkot Mojokerto.

Beberapa pasar yang ditinjau Ning Ita, sapaan Wali Kota Mojokerto pada kali ini antara lain Pasar Tanjung Anyar, Pasar Empunala, dan Pasar Prajurit Kulon. Ita menyampaikan bahwa pembangunan pasar tradisional di Kota Mojokerto harus sekalian yang bagus, jangan membangun yang asal-asalan.

“Prinsip saya dalam membangun mesisan sing apik. Karena ini fasilitas untuk masyarakat. Kalau kegunaannya untuk jangka panjang maka ini harus benar-benar kita bangun sebaik mungkin dengan kualitas yang terbaik,” tegasnya.

Seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu, Pemkot Mojokerto akan membangun dan merevitalisasi pasar tradisional. Ning Ita akan menghidupkan pasar tradisional sehingga pedagang kecil di Kota Mojokerto dapat bersaing dengan pasar modern. 

"Tentunya pasar tradisional akan dibangun dengan konsep modern. Sehingga pertemuan antara pembeli dan pedagang akan lebih nyaman karena jauh dari kesan kumuh," tandas Ita.

Orang nomor satu di Kota Mojokerto ini tidak sendirian. Kedatangannya ke tiga pasar tersebut bersama tim dari Kementerian Perdagangan juga didampingi Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria, Kepala Disperindag Ruby Hartoyo, dan Kepala BPPKA Agung Moeljono beserta jajarannya.

Borong Dagangan Penjual Es Keliling

Ita yang dekat dengan masyarakat, terutama rakyat kecil, banyak dicurhati pedagang. Seperti pada saat di Pasar Prajurit Kulon, ia dicurhati Suwaji, pedagang pracangan yang sudah 18 tahun menempati pasar tersebut. 

“Gentengnya banyak yang bocor Bu, jalannya sudah rusak. Kalau kondisinya seperti ini pembeli tidak nyaman, pasar akan terus sepi,” kata Suwaji.

Mendengar jawaban Ita yang akan memperbaiki pasar tersebut, Suwaji sangat bersyukur. “Kulo matur nuwun sama Bu Wali yang memperhatikan kondisi pasar ini. Saya senang dikunjungi Bu Wali dan tahu langsung kondisi pasar,” tuturnya.

Aksi spontan juga ditunjukkan Ita ketika berada di Pasar Empunala. Saat akan meninggalkan pasar, Ita sudah di dalam mobil dinasnya dan seketika membuka kaca mobil mendapati seorang kakek berjualan es yang terlihat belum dapat pembeli.

Ia lalu turun menyapa Mochamad Affandi, pedagang es keliling asal Wates dan memborong seluruh dagangannya dan dibagikan kepada stafnya serta pengunjung pasar. “Matur nuwun Bu Wali Kota, alhamdulillah jualan saya habis,” tuturnya.

Ita sangat serius akan menumbuhkan ekonomi masyarakat. Hal ini sesuai dengan penjabaran visi misinya yang ingin segera mewujudkan ekonomi daerah yang mandiri, berdaya saing, berkeadilan dan berbasis pada ekonomi kerakyatan melalui peningkatan fasilitas pembangunan infrastruktur daerah. (ris/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...