Ribuan Warga Ikuti Job Fair Pemkab Kediri

Ribuan Warga Ikuti Job Fair Pemkab Kediri ? Wakil Bupati Kediri Masykuri saat memotong pita sebagai tanda dimulainya bursa kerja. Foto:arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI (bangsaonline)

Ribuan warga memadati gedung Convention Hall Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (23/9). Kedatangan pelamar kerja ini ingin mengadu nasib dengan melamar kerja di job fair yang diselenggaran Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri.

Sesuai data, jumlah pengunjung hari pertama 2.057 orang dan hari kedua sebanyak 2.020 orang. Jumlah lowongan sebanyak 3.561 posisi. Jumlah pelamar hari pertama 2.115 dan hari kedua 2.274 orang. “Kalau kita jumlah, jumlah pelamar hari pertama dan kedua akan melebihi dari lowongan yang ada. Artinya ini tidak langsung bisa diterima semua,karena sebarannya tidak merata. Ada yang lowongannya sedikit, pelamarnya banyak dan ada juga 1 orang ada yang melamar dibeberapa job sesuai keinginannya,” kata kabag Humas Pemkab Kediri M Haris Setyawan.

Wakil Bupati Masykuri mengatakan, masih banyak masyarakat di kabupaten kediri yang belum mendapatkan pekerjaan. Untuk itu, pihaknya menjembatani antara perusahaan dengan pelamar dengan menyelenggarakan bursa kerja atau job fair. “Kita mencoba memfasilitasi antara perusahaan dengan para pencari kerja. Salah satunya dengan menggelar bursa kerja kali ini,” katanya disela pembukaan .

Dalam job fair yang diselenggarakan selama dua hari ini, diikuti oleh 60 perusahaan mulai dari perbankan, industri maupun bidang pariwisata dari berbagai daerah, bukan hanya dari kabupaten kediri. “Dengan adanya job fair ini, kami berharap banyak tenaga kerja dari wilayah kabupaten kediri bisa terserap,” harapnya.

Masih kata Masykuri, pihaknya juga berharap, dengan adanya bursa kerja ini, akan mengurangi angka pengangguran diwilayah Kabupaten Kediri.

Sekti Widyaningsih, salah satu pelamar lulusan Universitas Kadiri ini optimis bisa diterima di salah satu perusahaan. “Awalnya saya mendapat informasi dari teman dan melihat brosur-brosur. Saya pernah mengajukan lamaran kerja sebagai teller di salah satu Bank Swasta, tetapi memang belum rejeki saya. Sudah 3 kali saya mengikuti jobfair seperti ini. Harapan saya semoga bisa diterima bekerja di tempat yang saya inginkan. Saya optimis bisa diterima bekerja walaupun saingannya ketat dan banyak sekali.” jelas wanita asal Blitar ini.

Sementara dari data Dinas Tenaga Kerja Kabupaten kediri, angka pengangguran di Kabupaten Kediri sebanyak 68 ribu 108 jiwa dari total jumlah penduduk kabupaten Kediri sebesar 1 juta 603 ribu 41 jiwa. Sementara itu, jumlah pencari kerja sebanyak 12 ribu 814 jiwa. Sedangkan jumlah penempatan tenaga kerja berjumlah 11. 844 orang, baik di dalam maupun luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO