Selasa, 25 Juni 2019 19:41

Manfaatkan Teknologi, Pemilihan BEM Ma’had Aly Al Hasaniyyah Tuban Terapkan Sistem E-Voting

Minggu, 06 Januari 2019 20:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Istihar
Manfaatkan Teknologi, Pemilihan BEM Ma’had Aly Al Hasaniyyah Tuban Terapkan Sistem E-Voting
Salah satu mahasiswa sedang menyalurkan suaranya melalui sistem E-Voting.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ma’had Aly Al Hasaniyyah, salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Tuban, menggelar pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasantri (BEM), Minggu (6/1). Berbeda dengan pemilihan pada umumnya yang menggunakan surat suara, pemilihan BEM di Ma'had Aly Al Hasaniyyah kali ini menggunakan sistem E-Voting.

Ketua Komisi Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasantri (Kopkabem) Ma’had Aly Al Hasaniyyah, Muhammad Ilham menjelaskan, penerapan sistem E-Voting merupakan yang pertama kali diterapkan di lingkup perguruan tinggi dalam proses demokrasi kampus sebagai rumusan dari panitia pemilihan. 

"Panitia tim mencoba menerapkan dan mengembangkan sistem pemilihan yang dapat mengurangi penggunaan kertas suara. Dengan sistem ini biaya pemilihan akan menjadi ringan. Mekanisme ini mulai kami tanam dan kenalkan di civitas academica dengan cara pemilu kekinian," ucapnya.

Karena terbilang baru, tata cara pemungutan disosialisasikan kepada seluruh mahasantri mulai awal sampai mekanisme pemungutan suara dan tahapan penghitungan. "Alhamdulillah, pemakaian sistem E-Voting ini berjalan dengan lancar," tandasnya.

Sementara itu, Ketua (Mudir) Ma'had Aly Alhasaniyyah, Abdullah Hasyim menyambut baik atas terlaksananya pembelajaran demokrasi kampus. Terlebih, dengan menggunakan inovasi E-Voting ini.

"Ma’had Aly sebagai perguruan tinggi di bawah naungan pesantren harus mampu mencetak intelektual dengan kedalaman spiritual atas terlaksananya pemilihan ketua BEM. Semoga mampu berperan strategis untuk melahirkan dan memberikan pendidikan politik terhadap mahasantri dalam berdemokrasi yang inovatif," tutupnya.

Sebatas diketahui, hasil pelaksanaan pemilihan, Hasanuddin diputuskan sebagai Ketua BEM terpilih dengan memperoleh 42 suara. Sementara pesaingnya Nashirudding dan Fakhuddin, masing-masing mengantongi 35 dan 20 suara. (ahm/rev)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...