Manfaatkan Teknologi, Pemilihan BEM Ma’had Aly Al Hasaniyyah Tuban Terapkan Sistem E-Voting

Manfaatkan Teknologi, Pemilihan BEM Ma’had Aly Al Hasaniyyah Tuban Terapkan Sistem E-Voting Salah satu mahasiswa sedang menyalurkan suaranya melalui sistem E-Voting.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ma’had Aly Al Hasaniyyah, salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Tuban, menggelar pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasantri (BEM), Minggu (6/1). Berbeda dengan pemilihan pada umumnya yang menggunakan surat suara, pemilihan BEM di Ma'had Aly Al Hasaniyyah kali ini menggunakan sistem E-Voting.

Ketua Komisi Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasantri (Kopkabem) Ma’had Aly Al Hasaniyyah, Muhammad Ilham menjelaskan, penerapan sistem E-Voting merupakan yang pertama kali diterapkan di lingkup perguruan tinggi dalam proses demokrasi kampus sebagai rumusan dari panitia pemilihan. 

"Panitia tim mencoba menerapkan dan mengembangkan sistem pemilihan yang dapat mengurangi penggunaan kertas suara. Dengan sistem ini biaya pemilihan akan menjadi ringan. Mekanisme ini mulai kami tanam dan kenalkan di civitas academica dengan cara pemilu kekinian," ucapnya.

Karena terbilang baru, tata cara pemungutan disosialisasikan kepada seluruh mahasantri mulai awal sampai mekanisme pemungutan suara dan tahapan penghitungan. "Alhamdulillah, pemakaian sistem E-Voting ini berjalan dengan lancar," tandasnya.

Sementara itu, Ketua (Mudir) Ma'had Aly Alhasaniyyah, Abdullah Hasyim menyambut baik atas terlaksananya pembelajaran demokrasi kampus. Terlebih, dengan menggunakan inovasi E-Voting ini.

"Ma’had Aly sebagai perguruan tinggi di bawah naungan pesantren harus mampu mencetak intelektual dengan kedalaman spiritual atas terlaksananya pemilihan ketua BEM. Semoga mampu berperan strategis untuk melahirkan dan memberikan pendidikan politik terhadap mahasantri dalam berdemokrasi yang inovatif," tutupnya.

Sebatas diketahui, hasil pelaksanaan pemilihan, Hasanuddin diputuskan sebagai Ketua BEM terpilih dengan memperoleh 42 suara. Sementara pesaingnya Nashirudding dan Fakhuddin, masing-masing mengantongi 35 dan 20 suara. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO