Diguyur Hujan Semalam, Longsoran Sawah Isolasi Dua Desa di Kesamben Blitar

Diguyur Hujan Semalam, Longsoran Sawah Isolasi Dua Desa di Kesamben Blitar Para petugas gabungan sedang sibuk membersihkan longsoran sawah yang menutup akses jalan ke dua desa tersebut.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten pada Jumat (14/12/2018) malam hingga Sabtu (15/12/2018) pagi menyebabkan bencana tanah longsor. Bencana tanah longsor ini terjadi di areal persawahan Dusun Sumbersari, Desa Kemirigede, Kecamatan Kesamben.

Akibatnya, jalan satu-satunya penghubung dari Kecamatan Kedamben menuju Desa Nyawangan, Kecamatan Doko tertutup material longsor. Masyarakat yang hendak melintas harus memutar sejauh 4 kilometer.

Selain menutup akses jalan, material longsoran berupa lumpur dan padi sepanjang 10 meter ini juga memutus saluran PDAM. Sawah yang longsor tersebut diketahui merupakan milik Nardi, warga Dusun Sukorejo, Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben. Serta milik Ismiati, warga Desa Kemirigede, Kecamatan Kesamben.

"Setelah menerima laporan Polres langsung berkoordinasi dengan Koramil Kesamben, BPBD, petugas PDAM dan warag setempat untuk membersihkan material longsor," ungkap Kapolres AKBP Anissullah M Ridha, Sabtu (15/12/2018).

Petugas gabungan yang datang ke lokasi kemudian melakukan pembersihan material longsor. Karena jumlahnya cukup banyak, petugas harus mendatangkan alat berat untuk memindahkan material longsor.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian yang dialami pemilik sawah diperkirakan mencapai Rp 15 juta," pungkasnya.

Atas kejadian ini Polres mengimbau agar masyarakat waspada ketika melewati jalan-jalan yang rawan longsor. Apalagi saat ini intensitas hujan semakin tinggi di wilayah. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO