Bawaslu Pacitan Intensifkan Pengawasan Kampanye, Termasuk Kegiatan Reses EBY

Bawaslu Pacitan Intensifkan Pengawasan Kampanye, Termasuk Kegiatan Reses EBY Syamsul Arifin, Divisi Sengketa Bawaslu Pacitan. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bawaslu Pacitan mengintensifkan pengawasannya bagi peserta pemilu yang saat ini tengah melakukan kegiatan kampanye. Termasuk kegiatan reses anggota DPR RI, Edhi Baskoro Yudhoyono (EBY) di wilayah Pacitan selama dua hari ini.

Divisi Sengketa Bawaslu Pacitan, Syamsul Arifin mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap segala kemungkinan adanya pelanggaran yang akan terjadi.

"Kami koordinasikan dengan seluruh penyelenggara pemilu serta Bawascam, untuk intensif melakukan pengawasan seluruh kegiatan peserta pemilu. Begitupun kegiatan reses yang saat ini tengah dilakukan EBY di Pacitan," kata Syamsul, Jumat (16/11).

Di tempat yang sama, Agus Hariyanto, Divisi Hukum, Data, dan Informasi (Kumdatin) Bawaslu Pacitan menegaskan bahwa pengawasan itu dilakukan sebagai upaya pencegahan pelanggaran. "Kami tidak mengatakan ada atau tidaknya pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu, termasuk kegiatan EBY selama dua hari ini melakukan reses di Pacitan. Kami berupaya melakukan pencegahan," timpalnya.

Adapun atensi pengawasan yang dilakukan Bawaslu, di antaranya lokasi-lokasi yang dilarang untuk digunakan kegiatan kampanye, termasuk pemanfaatan fasilitas milik negara. Seperti halnya kendaraan dinas serta lainnya. "Kalau kegiatan reses memang didanai oleh negara. Kita lebih berkonsentrasi pada kemungkinan pemanfaatan fasilitas negara. Dan tindakan Bawaslu lebih pada upaya pencegahan," tukasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO