Pilot Japan Airlines Suka Miras..... Waduh

Pilot Japan Airlines Suka Miras..... Waduh Kalau lagi mabuk di udara, gimana? foto: guardian

TOKYO, BANGSAONLINE.com – Tes kadar alkohol dalam darah (BAC) dengan alat bernama breathalyzer, membawa pilot-pilot Japan Airlines tidak lolos. Bahkan, ada 19 pilot gagal lolos dengan alat yang cukup sensitif melalui sampel nafas ini, sejak Agustus 2017 lalu.

Kegagalan tes alkohol ini menyebabkan penundaan untuk 12 penerbangan Japan Airlines, menurut laporan media.

Pilot Japan Airlines (JAL) telah gagal tes breathalyser pada 19 pilot sejak Agustus tahun lalu. Media melaporkan, baru-baru ini ditangkap co-pilot dengan capaian alkohol 20 kali lipat di atas ambang normal. Hasil tes ini memperlambat 12 penerbangan, kata Mainichi Shimbun, mengutip sumber JAL yang tidak disebutkan namanya. Pembatalan itu terjadi setelah perusahaan itu memperkenalkan alat pernafasan yang lebih sensitif, kata surat kabar itu.

Tes dilaporkan menunjukkan bahwa 19 pilot melebihi batas internal JAL 0,1 mg alkohol per liter pernafasan.

Katsutoshi Jitsukawa ditangkap di Heathrow bulan lalu, setelah ditemukan memiliki 189 mg alkohol per 100 ml darah dalam sistemnya. “Hampir 10 kali lipat 20 mg untuk pilot di Inggris,” kata dia.

Jitsukawa, yang ditangkap 50 menit sebelum menjadi co-pilot penerbangan ke Tokyo, diketahui telah mengonsumsi dua botol anggur dan lima kaleng bir selama enam jam pada malam sebelumnya.

JAL telah memperkenalkan sistem breathalyser baru yang melibatkan staf bandara, daripada bergantung pada pilot untuk menguji satu sama lain. Melalui alat ini, pilot dilarang konsumsi alkohol dalam 24 jam sebelum penerbangan, bukan 12 jam seperti saat ini.

Sumber: guardian

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO