Lahan akan Ditambang, Warga Penggarap Tanah Milik Semen Indonesia Diberi Ganti Kambing

Lahan akan Ditambang, Warga Penggarap Tanah Milik Semen Indonesia Diberi Ganti Kambing Penyerahan Kambing kepada 55 warga penggarap lahan milik Semen Indonesia.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 220 ekor kambing dibagikan kepada 55 orang warga Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten yang selama ini telah memanfaatkan lahan milik semen.

Selama bertahun-tahun warga sekitar perusahaan tersebut menggarap lahan milik perusahaan untuk bercocok tanam. Karena lahan tersebut akan dilakukan penambangan, pihak perusahaan melakukan pemberdayaan masyarakat dengan program ternak kambing.

Penyerahan bantuan tersebut secara langsung diserahkan oleh Community Development Officer Semen Indonesia, Siswanto, kepada masing-masing warga, bertempat di desa setempat (31/10).

Kepala Biro Hubungan Media Semen Indonesia, Sigit Wahono mengatakan, penyerahan hewan ternak sebanyak 220 ekor tersebut diperuntukan bagi 55 orang petani yang selama ini menggarap lahan perusahaan. Dari seluruh penerima tersebut, 10 orang telah tergabung dalam dua kelompok tani, sedangkan 45 orang lainnya dikelola secara mandiri. Untuk kelompok tani, perusahaan juga memberikan bantuan kandang dan satu set alat pembuatan pakan ternak.

"Sejak 1994 hingga sekarang, lahan ini dimanfaatkan warga untuk bercocok tanam. Karena lahan seluas 60 hektar ini akan digunakan untuk proses produksi, sehingga perusahaan melakukan pemberdayaan warga melalui program ternak kambing," katanya.

Selain menyerahkan bantuan hewan ternak, sebelumnya perusahaan telah memberikan bekal kepada warga tentang peternakan dengan menggelar seminar tentang serba serbi berternak. Tujuannya supaya masyarakat dapat lebih memahami cara beternak dengan baik.

"Kami berharap, bantuan ternak kambing ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat yang selama ini menjadi penggarap lahan milik Semen Indonesia. Tidak hanya sekadar memberikan bantuan hewan ternak, namun akan disertai dengan pelatihan mengenai cara pengembangbiakan dan proses pembuatan pakan ternak yang lebih berkualitas," tandas Sigit Wahono.

Di tempat yang sama, Camat Merakurak Agung Tri Wibowo mengucapkan terima kasih kepada Semen Indonesia yang turut memperhatikan perekonomian masyarakat melalui bantuan ternak.

"Bantuan ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat. Perusahaan diharapkan juga dapat memberikan pendampingan dan pelatihan kepada peternak agar mampu meningkatkan produksinya," pungkasnya usai menghadiri seminar pengelolaan peternak kambing kokoh semen indonesia. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO