Selasa, 18 Juni 2019 04:39

Lahan akan Ditambang, Warga Penggarap Tanah Milik Semen Indonesia Diberi Ganti Kambing

Rabu, 31 Oktober 2018 18:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Lahan akan Ditambang, Warga Penggarap Tanah Milik Semen Indonesia Diberi Ganti Kambing
Penyerahan Kambing kepada 55 warga penggarap lahan milik Semen Indonesia.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 220 ekor kambing dibagikan PT Semen Indonesia kepada 55 orang warga Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban yang selama ini telah memanfaatkan lahan milik semen.

Selama bertahun-tahun warga sekitar perusahaan tersebut menggarap lahan milik perusahaan untuk bercocok tanam. Karena lahan tersebut akan dilakukan penambangan, pihak perusahaan melakukan pemberdayaan masyarakat dengan program ternak kambing.

Penyerahan bantuan tersebut secara langsung diserahkan oleh Community Development Officer Semen Indonesia, Siswanto, kepada masing-masing warga, bertempat di desa setempat (31/10).

Kepala Biro Hubungan Media Semen Indonesia, Sigit Wahono mengatakan, penyerahan hewan ternak sebanyak 220 ekor tersebut diperuntukan bagi 55 orang petani yang selama ini menggarap lahan perusahaan. Dari seluruh penerima tersebut, 10 orang telah tergabung dalam dua kelompok tani, sedangkan 45 orang lainnya dikelola secara mandiri. Untuk kelompok tani, perusahaan juga memberikan bantuan kandang dan satu set alat pembuatan pakan ternak.

"Sejak 1994 hingga sekarang, lahan ini dimanfaatkan warga untuk bercocok tanam. Karena lahan seluas 60 hektar ini akan digunakan untuk proses produksi, sehingga perusahaan melakukan pemberdayaan warga melalui program ternak kambing," katanya.

Selain menyerahkan bantuan hewan ternak, sebelumnya perusahaan telah memberikan bekal kepada warga tentang peternakan dengan menggelar seminar tentang serba serbi berternak. Tujuannya supaya masyarakat dapat lebih memahami cara beternak dengan baik.

"Kami berharap, bantuan ternak kambing ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat yang selama ini menjadi penggarap lahan milik Semen Indonesia. Tidak hanya sekadar memberikan bantuan hewan ternak, namun akan disertai dengan pelatihan mengenai cara pengembangbiakan dan proses pembuatan pakan ternak yang lebih berkualitas," tandas Sigit Wahono.

Di tempat yang sama, Camat Merakurak Agung Tri Wibowo mengucapkan terima kasih kepada Semen Indonesia yang turut memperhatikan perekonomian masyarakat melalui bantuan ternak.

"Bantuan ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat. Perusahaan diharapkan juga dapat memberikan pendampingan dan pelatihan kepada peternak agar mampu meningkatkan produksinya," pungkasnya usai menghadiri seminar pengelolaan peternak kambing kokoh semen indonesia. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...