Kamis, 06 Agustus 2020 14:04

Wakil Ketua DPRD Gresik Tuding Dirut PDAM Terpilih Tak Kantongi Sertifikat, Ini Bantahan Riza

Rabu, 24 Oktober 2018 10:56 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Wakil Ketua DPRD Gresik Tuding Dirut PDAM Terpilih Tak Kantongi Sertifikat, Ini Bantahan Riza
Siti Aminatus Zariyah, Dirut Terpilih PDAM Giri Tirta Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto akhirnya mengumumkan Siti Aminatus Zariyah sebagai Dirut PDAM Giri Tirta Gresik. Riza -panggilan akrab Siti Aminatus Zariyah- sukses mengalahkan 2 kandidat dirut lainnya, yakni Direktur BUMD PD. BPR Gresik Alkusani dan mantan Direktur Kebun Binatang Surabaya (KBS), Ratna Achjuningrum.

Namun, dipilihnya Riza menjadi Dirut PDAM Gresik untuk masa bakti 2018-2022 langsung menuai kritik pedas DPRD setempat. Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Saidah menuding dipilihnya Riza sebagai Dirut PDAM merupakan sebuah kesalahan dan cacat administrasi.

"Sebab, Riza tak mengantongi sertifikat pelatihan air minum seperti yang dipersyaratkan sebagai calon," ujar Nur Saidah kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (24/10/2018).

"Hal itu juga ditengarai berlaku pada 2 calon lain yang masuk 3 besar berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan (UKK)," imbuhnya.

Nur Saidah menegaskan bahwa sertifikat tersebut sudah dicantumkan sebagai salah satu syarat di poin nomor 9, meskipun tidak wajib. Yakni, calon Dirut PDAM Giri Tirta harus memahami manajemen perusahaan (diutamakan lulus pelatihan manajemen air minum dibuktikan dengan sertifikat).

"Syarat itu (lulus pelatihan manajemen air minum, red) gak punya. Kalau syarat umum tak dipenuhi berarti cacat dong," cetus Bacaleg Gerindra Dapil II (Duduksampeyan dan Cerme) ini.

Menurut Nur Saidah, Bupati bakal menanggung konsekuensi berat karena menjatuhkan pilihan Dirut PDAM Giri Tirta kepada seorang perempuan. "Sebab, jangkauan perempuan jelas tak bisa disamakan dengan seorang laki-laki. Terlebih, perusahaan yang dipimpin lebih dominan kepada sosial (pelayanan publik) ketimbang profit (keuntungan). Dan, karyawan yang dipimpin mayoritas di lapangan adalah orang laki-laki semua," cetusnya.

"Kalau malam-malam, dini hari ada trobel, pipa bocor, dan lainnya, apa mampu seorang perempuan langsung turun? Terutama ketika menghadapi gejolak pelanggan di saat distribusi air macet seperti saat musim kemarau, lalu ada demo, apa mampu? Mungkin risiko seperti itu sudah dipikirkan dan siap diambil oleh Pak Bupati yang memiliki otoritas memilih," pungkasnya.

Di sisi lain, Riza membantah tudingan Nur Saidah bahwa dirinya tak memahami manajemen perusahaan dan tak punya sertifikat pelatihan manajemen air minum. "Punya mas, saya punya sertifikatnya," katanya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (24/10/2018).

Riza sendiri sebelumnya sudah cukup lama menjabat Kabag Pelayanan PDAM Giri Tirta Gresik. Saat Dirut PDAM Giri Tirta masih dijabat Muhammad S.E, Riza dikenal sangat loyal terhadap atasannya tersebut.

Risa juga dinilai sukses dalam membantu program-program Muhammad, terlebih soal program perluasan jaringan PDAM. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...