Pencak Silat Semen Indonesia Cup IV Kembali Digelar

Pencak Silat Semen Indonesia Cup IV Kembali Digelar Penampilan peserta dalam ajang Pencak Silat Semen Indonesia Cup IV, di gedung Graha Sandiya, Jumat (19/10).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Semen Indonesia menggelar kejuaraan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Pabrik Gresik - Semen Indonesia, di gedung Graha Sandiya, Perumdin Semen, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban.

Turnamen pencak silat bertajuk Semen Indonesia Cup IV tersebut diikuti sebanyak 236 atlet yang terdiri dari 208 pesilat tanding dan 28 pesilat seni. Seluruh pesilat berasal dari 19 ranting Cabang Tuban, dan 2 komisariat, yakni komisariat Semen Indonesia dan Komisariat Unirow Tuban.

Adapun kategori yang dipertandingkan dibagi menjadi 2, yakni kategori tanding dan kategori seni. Sedangkan untuk peserta di masing-masing kategori dibagi sesuai kelompok usia. Yakni, kelompok usia dibagi pra remaja, remaja, dan dewasa baik putra dan putri. Di masing-masing kelompok usia nantinya dipertandingkan 2 hingga 4 kelas, yaitu kelas A, B, C, & D untuk menyelaraskan berat badan lawan tanding di setiap kelasnya.

SVP Production Semen Indonesia, Joko Sulistiyanto berkesempatan membuka kejuaraan tersebut. Ia menyatakan, selain untuk memperingati HUT ke-61, kejuaraan itu juga bertujuan melestarikan budaya asli tanah air karena pencak silat adalah olah raga asli dari Indonesia.

"Jadi berbanggalah telah bergabung, khususnya di PSHT ini. Kelebihannya lagi, akan dengan mudah menemukan saudara lainnya (seperguruan) kapan pun dan di mana pun tempatnya," tuturnya Jumat (19/10).

Dalam kesempatan itu, Joko juga berpesan agar para atlet dapat mengendalikan emosi ketika bertanding. "Harus tetap memegang teguh budi pekerti dan etika pertandingan, serta menjunjung tinggi sportivitas dalam meraih prestasi. Pencak silat ini merupakan seni bela diri, tidak untuk mencari lawan, tapi untuk mencari saudara dan kawan," pesan Joko kepada ratusan atlet.

Sementara itu, PSHT Cabang Tuban, Lamidi mengucapkan banyak terima kasih kepada Semen Indonesia yang telah menyelenggarakan kejuaraan tersebut. Ia berharap kejuaraan itu dapat memunculkan bibit-bibit atlet pencak silat.

"Tidak hanya pada level lokal, tapi juga nasional dan bahkan internasional. Kita yakin bahwa pencak silat mampu mengharumkan nama bangsa. Terbukti pada Asian Games beberapa waktu yang lalu cabang olahraga pencak silat menyumbangkan mendali emas paling banyak," pungkasnya.

Berikut hasil kejuaraan Semen Indonesia Cup IV antar ranting PSHT Cabang Tuban. Untuk juara pertama disabet Ranting Jenu dengan hadiah uang pembinaan Rp. 2 juta, piagam penghargaan, dan trofi. Untuk juara kedua diperoleh Ranting Singgahan dengan hadiah uang pembinaan Rp. 1,5 juta. Dan juara ketiga diperoleh Ranting Palang dengan hadiah uang pembinaan Rp. 1 juta. (gun/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cari Bibit Atlet dan Tingkatkan Imunitas Warga Surabaya, Merpati Putih Buka Kolat Umum di Mal Sutos':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO