Rabu, 21 November 2018 09:54

Pencak Silat Semen Indonesia Cup IV Kembali Digelar

Jumat, 19 Oktober 2018 16:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Pencak Silat Semen Indonesia Cup IV Kembali Digelar
Penampilan peserta dalam ajang Pencak Silat Semen Indonesia Cup IV, di gedung Graha Sandiya, Jumat (19/10).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Semen Indonesia menggelar kejuaraan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Pabrik Gresik - Semen Indonesia, di gedung Graha Sandiya, Perumdin Semen, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban.

Turnamen pencak silat bertajuk Semen Indonesia Cup IV tersebut diikuti sebanyak 236 atlet yang terdiri dari 208 pesilat tanding dan 28 pesilat seni. Seluruh pesilat berasal dari 19 ranting Cabang Tuban, dan 2 komisariat, yakni komisariat Semen Indonesia dan Komisariat Unirow Tuban.

Adapun kategori yang dipertandingkan dibagi menjadi 2, yakni kategori tanding dan kategori seni. Sedangkan untuk peserta di masing-masing kategori dibagi sesuai kelompok usia. Yakni, kelompok usia dibagi pra remaja, remaja, dan dewasa baik putra dan putri. Di masing-masing kelompok usia nantinya dipertandingkan 2 hingga 4 kelas, yaitu kelas A, B, C, & D untuk menyelaraskan berat badan lawan tanding di setiap kelasnya.

SVP Production Semen Indonesia, Joko Sulistiyanto berkesempatan membuka kejuaraan tersebut. Ia menyatakan, selain untuk memperingati HUT ke-61, kejuaraan itu juga bertujuan melestarikan budaya asli tanah air karena pencak silat adalah olah raga asli dari Indonesia.

"Jadi berbanggalah telah bergabung, khususnya di PSHT ini. Kelebihannya lagi, akan dengan mudah menemukan saudara lainnya (seperguruan) kapan pun dan di mana pun tempatnya," tuturnya Jumat (19/10).

Dalam kesempatan itu, Joko juga berpesan agar para atlet dapat mengendalikan emosi ketika bertanding. "Harus tetap memegang teguh budi pekerti dan etika pertandingan, serta menjunjung tinggi sportivitas dalam meraih prestasi. Pencak silat ini merupakan seni bela diri, tidak untuk mencari lawan, tapi untuk mencari saudara dan kawan," pesan Joko kepada ratusan atlet.

Sementara itu, PSHT Cabang Tuban, Lamidi mengucapkan banyak terima kasih kepada Semen Indonesia yang telah menyelenggarakan kejuaraan tersebut. Ia berharap kejuaraan itu dapat memunculkan bibit-bibit atlet pencak silat.

"Tidak hanya pada level lokal, tapi juga nasional dan bahkan internasional. Kita yakin bahwa pencak silat mampu mengharumkan nama bangsa. Terbukti pada Asian Games beberapa waktu yang lalu cabang olahraga pencak silat menyumbangkan mendali emas paling banyak," pungkasnya.

Berikut hasil kejuaraan Pencak Silat Semen Indonesia Cup IV antar ranting PSHT Cabang Tuban. Untuk juara pertama disabet Ranting Jenu dengan hadiah uang pembinaan Rp. 2 juta, piagam penghargaan, dan trofi. Untuk juara kedua diperoleh Ranting Singgahan dengan hadiah uang pembinaan Rp. 1,5 juta. Dan juara ketiga diperoleh Ranting Palang dengan hadiah uang pembinaan Rp. 1 juta. (gun/rev) 

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Senin, 19 November 2018 11:17 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...