Satpol PP Kota Pasuruan Tertibkan PKL di Kawasan Stasiun Melalui Mediasi

Satpol PP Kota Pasuruan Tertibkan PKL di Kawasan Stasiun Melalui Mediasi Kasi Penertiban Satpol PP Kota Pasuruan, Sunaryo, saat dialog dengan salah satu PKL.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Satpol PP Kota Pasuruan mempunyai cara sendiri untuk menertibkan para PKL. Tidak harus menggunakan represif seperti penggusuran, maupun melakukan penangkapan terhadap para PKL. Melainkan, menggunakan jalur mediasi, selama para PKL tersebut bisa diajak kompromi.

Hal itu dibuktikan oleh Satpol PP Kota Pasuruan saat menjalankan tugasnya menertibkan beberapa PKL yang mangkal di sepanjang jalan stasiun. Penertiban ini dilakukan agar kawasan tersebut tidak terlihat kumuh.

Penertiban itu dipimpin langsung oleh Kasi Penertiban Satpol PP Kota Pasuruan, Sunaryo. Ia mendatangi para PKL dengan memberikan sosialisasi bahwa berjualan di sekitar stasiun adalah melanggar aturan.

Ternyata cara tersebut sangat efektif. Para PKL langsung mengikuti arahan petugas Satpol PP tanpa ada perlawanan sama sekali. Bahkan, sejumlah PKL merasa malu karena sudah melanggar.

Para PKL yang ditertibkan pun langsung membereskan barang dagangannya dan berjanji akan menaati peraturan yang telah disepakati bersama.

Menurut Sunaryo, penertiban dengan jalur mediasi ini dilakukan untuk mencegah bentrok antara petugas dan PKL. "Lebih enak apabila saling berkomunikasi melalui mediasi," katanya.

"Bahwasannya semua masalah akan selesai tanpa adanya kekerasan apa bila tercipta saling menghargai antara satu dengan yang lainnya," pungkasnya. (afa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO