PKS Tolak Teken Berita Acara Pengesahan DPT

PKS Tolak Teken Berita Acara Pengesahan DPT Irwan Setiawan, S.IP, Sekretaris Umum DPW PKS Jatim. Foto: DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Umum Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur, Irwan Setiawan mengaku partainya masih enggan meneken berita acara pengesahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Irwan meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur segera menuntaskan berkas perbaikan DPT tahap II bulan Desember mendatang.

"Kemarin memang kami tidak tanda tangan karena memang belum ada perbaikan secara tuntas dari KPU Jatim. Sampai saat ini kami belum menandatangani berita acara DPT," kata Irwan di kantor DPW PKS Jatim, Jl. Gayungsari, Surabaya, Minggu (16/9).

Politikus yang akrab disapa Kang Irwan itu mengatakan, hingga saat ini ada 15 pengurus Kabupaten/Kota yang melaporkan belum adanya perbaikan DPT. Selain PKS, menurut Irwan, ada satu partai lain yang belum menekan berita acara, yakni Gerindra.

"Belum tuntas dan memang yang melaporkan kepada kami adalah pengurus Kabupaten dan Kota yang direkap di provinsi. Laporan yang sudah masuk ada Surabaya, Gresik, Bangkalan, Sumenep, Situbondo kalau ditotal 15 Daerah," tegas Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim tersebut.

Irwan berharap agar KPU Jatim segera menuntaskan perbaikan DPT agar tidak mengganggu proses Pileg maupun Pilpres 2019 yang pekan depan sudah memasuki masa kampanye.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur juga menemukan 359.422 data pemilih ganda di Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilih 2019. Kegandaan itu berupa ganda nama, NIK dan tanggal lahir, serta ganda nama dan NIK.

Selain itu, Bawaslu Jatim juga menemukan nama yang tidak memenuhi syarat sebagai pemilih sebanyak 5.287 orang dan NIK invalid sebanyak 67.147 orang.

"Temuan itu didapat setelah jajaran Bawaslu kabupaten/kota melakukan pencermatan terhadap DPT yang sudah ditetapkan KPU," jelas komisioner Bawaslu Jatim, Aang Khunaifi. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO