Iming-iming Foto Artis Bugil, Hacker Lumpuhkan Internet Selandia Baru

Iming-iming Foto Artis Bugil, Hacker Lumpuhkan Internet Selandia Baru foto:repro dw.de


LONDON (bangsaonline) - Keingintahuan warga Selandia Baru untuk melihat foto-foto telanjang artis Hollywood dimanfaatkan para penjahat di dunia maya untuk melakukan serangan.Tak pelak, jaringan internet Selandia Baru pun lumpuh. Buruh waktu empat hari untuk menyehatkan jaringan internet.

situs dw.de memberitakan, pekan lalu, Jumat malam lalu (03/09), diyakini, sejumlah pengguna internet meng-klik berbagai links, yang mengatakan menyediakan foto-foto telanjang artis Hollywood. Namun, tanpa disadari dengan meng-klik links-links, mereka menginstal malware yang memicu serangan sehingga melumpuhkan internet seluruh Selandia Baru. Penyedia jaringan internet Spark, butuh waktu empat hari, sampai hari Minggu (07/09) untuk memperbaiki serangan cyber ini.

Foto-foto pribadi selebriti, termasuk milik Jennifer Lawrence, Avril Lavigne dan Rihana, dikabarkan diretas hacker dari akun iCloud mereka. Lewat Twitter, Spark memperingatkan user internet agar tidak membuka links yang menawarkan foto-foto itu, karena berisiko tanpa sengaja akan menginstal malware yang memicu tingginya lalu-lintas internet situs-situs luar negeri.

Sesaat sebelum serangan dimulai, spesialis keamanan komputer Trend Micro telah mengeluarkan peringatan untuk tidak membuka link yang berhubungan dengan selebriti telanjang. Para penjahat cyber tengah menargetkan mereka yang mencari foto-foto tersebut, dikatakan Trend Micro.

"Ancaman pertama yang kami temukan berasal dari Twitter, berupa tweet yang diposting dengan tagar nama salah satu korban peretasan ini – Jennifer Lawrence.“ Trend Micro menambahkan, user yang membuka link yang menawarkan video aktris dituntun untuk mengunduh video converter yang sebenarnya merupakan piranti lunak berbahaya.

Pihak berwenang Selandia Baru mengatakan belum mengetahui siapa dalang di balik serangan yang dilancarkan dari luar negeri ini. Dan malware tersebut membangkitkan serangan DoS di Eropa.

Apple Tambah Pengamanan iCloud

Apple rencanakan langkah tambahan untuk menjaga keamanan data pengguna dari serangan hacker. Langkah ini diambil setelah timbulnya skandal foto telanjang selebriti, termasuk Jennifer Lawrence.

Manager Apple Tim Cook mengatakan dalam wawancara dengan Wall Street Journal, di samping pengambilan langkah pengamanan, pihak perusahaan juga berusaha untuk mendorong pengguna agar lebih memperhatikan keamanan datanya sendiri.

Sumber: dw.de

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO