Peringati HUT RI dan Launching Lagu Prahon Kali Maron di Tengah Sungai Maron Pacitan

Peringati HUT RI dan Launching Lagu Prahon Kali Maron di Tengah Sungai Maron Pacitan Susana upacara bendera diatas Sungai Maron Desa Dersono, Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Detik-detik peringatan hari proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 berlangsung meriah di sejumlah daerah. Di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku misalnya, Jumat (17/8) kemarin, masyarakat di sana menggelar upacara bendera di atas kali Maron dengan menggunakan beberapa perahu.

Fenomena ini sangat unik dan boleh dibilang baru kali pertama selama 73 tahun Indonesia merdeka. Apalagi di , momentum tersebut sangat mendapatkan apresiasi banyak pihak. Tak terkecuali para wisatawan mancanegara yang tengah berlibur di . Mereka mengacungi jempol atas inisiatif yang digagas para stakeholder di desa tersebut.

Menurut Arif selaku penggagas kegiatan, peserta upacara mayoritas merupakan warga Dusun Maron. Mereka saling berbaur satu dengan lainnya, guna memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini.

"Kami juga bekerja sama dengan Pemerintah Desa Dersono," ujar Arif yang juga Ketua Paguyuban Wisata, Sungai Maron, Desa Dersono, Sabtu (18/8).

Pada gelar upacara itu, Kades Dersono Sukarno didapuk sebagai inspektur upacara. Dalam keterangan persnya, mantan Kepala UPT Pasar DPPKA ini mengatakan, kegiatan tersebut baru kali pertama diadakan di sepanjang sejarah Indonesia merdeka.

"Yang utama kami warga di Desa Dersono, khususnya Dusun Maron, ingin bersatu, guyub rukun, memperingati dan merayakan . Semoga ke depan Indonesia, khususnya akan lebih maju lagi dan sejahtera ayem tentrem," harapnya.

Sukarno berharap diselenggarakannya upacara bendera memperingati HUT Proklamasi RI di tengah sungai ini bisa menjadi media promosi bagi wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara agar datang berkunjung ke Sungai Maron.

"Yang tak kalah pentingnya, bertepatan dengan agenda tersebut juga dilaunching satu karya lagu berjudul 'Prahon Kali Maron'. Lagu tersebut merupakan karya cipta dari Pak Sukarni yang tak lain adalah seorang budayawan dan sesepuh di Desa Dersono," tandasnya. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO