Patroli Besar, Kapolres Gresik Cek Sejumlah TPS

Patroli Besar, Kapolres Gresik Cek Sejumlah TPS Kapolres AKBP Wahyu S Bintoro ketika mengecek salah satu TPS.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, S.H., S.I.K., M.Si., menggelar patroli besar dengan mengecek sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di wilayahnya. Dengan dikawal pasukan Tim Black Panther, orang nomor satu di jajaran Bhayangkara Polres Gresik itu mengecek satu per satu TPS yang didatanginya.

Dalam patroli ini, Kapolres juga berkeliling menyambangi kantor penyelenggara Pemilu baik KPU dan Panwaslu, serta di PPK dan TPS yang ada di Kecamatan Menganti dan Kedamean.

"Kegiatan tersebut bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta melakukan pemantauan situasi wilayah Kabupaten Gresik yang memiliki potensi rawan Kamtibmas menjelang dan saat pelaksanaan Pilkada," ujar Kapolres.

Kapolres mengungkapkan kegiatan patroli juga dilakukan untuk dengan mengecek gudang logistik tempat penyimpangan kotak suara di wilayah guna memastikan penyimpanan sesuai prosedur dan masih tersegel.

Selain itu, antisipasi adanya tim kampanye atau pihak lain yang sengaja melakukan kecurangan money politic dengan cara membagi-bagikan uang dan barang untuk mempengaruhi pemilih untuk tidak tidak memilih atau memilih paslon tertentu.

"Saya mengajak jaga kamtibmas Pilkada Jatim di wilayah Kabupaten Gresik yang aman, damai, jauh dari kecurangan money politic," ujarnya.

"Kita akan tindak tegas jika terbukti ada praktek money politic di lapangan. Pidananya penjara 3 tahun, karena money politic termasuk kaeagori tindak pidana sebagaimana yang diatur dalam UU 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota," paparnya.

Ia berharap patroli skala besar ini mampu memberikan keamanan wilayah menjelang maupun selama pelaksanaan Pilkada Jatim 2018 di wilayah Kabupaten Gresik. (hud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO