KPU Tuban Sosialisasikan Tata Cara Pemilihan Bagi Kaum Difabel

KPU Tuban Sosialisasikan Tata Cara Pemilihan Bagi Kaum Difabel Komisioner KPU Yayuk Dwi Astuti Setyorini saat menyosialisasikan Pilgub Jatim 2018.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemilihan Guberbur dan Wakil Gubernur Jawa Timur kurang dari sebulan lagi. Untuk memaksimalkan jumlah pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggencarkan sosialisasi, salah satunya seperti yang dilakukan kepada kaum disabilitas, Jumat (1/6).

Sosialisasi yang berlangsung di Gedung Juang, Jalan Pramuka, Kabupaten Tuban ini melibatkan penerjemah bahasa dari SDLB Kabupaten Tuban, Dwi Prasetyawati. Ada sekitar 27 peserta penyandang tuna rungu yang mengikuti sosialisasi ini. Mereka tampak aktif menerima pemahaman dari .

"Kelompok tuna rungu ini kurang mendapatkan informasi khususnya tentang pemilu. Untuk itu kita berikan pemahaman khusus yang lebih mendalam, karena mereka memerlukan perlakuan khusus untuk memahamkan," ujar salah satu Komisioner KPU, Yayuk Dwi Astuti Setyorini.

Yayuk mengatakan para penyandang disabilitas ini tidak disediakan TPS khusus saat pencoblosan, melainkan ikut secara umum di TPS masing-masing. Namun, mereka tetap akan disediakan tenaga pembantu, khususnya untuk para penyandang tuna netra karena memerlukan arahan khusus saat berada di dalam TPS.

"Bagi tuna netra pasti akan diberikan tenaga pembantu di setiap TPS. Surat suara yang diberikan juga menggunakan huruf braile yang dikhususkan bagi penyandang tuna netra. Alhamdulillah, kelihatan mereka telah memahami semuanya," pungkasnya. (gun/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO