Rabu, 22 Agustus 2018 14:05

Jawahir Roble, Wasit Muslimah Pertama di Inggris

Jumat, 18 Mei 2018 22:21 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: -
Jawahir Roble, Wasit Muslimah Pertama di Inggris
?Jawahir Roble, saat memimpin pertandingan. foto: mirror.co.uk

LONDON, BANGSAONLINE.com - Jawahir Roble baru saja membuat sejarah di FA (Asosiasi Sepakbola Inggris). Dia resmi menjadi wasit muslimah pertama di Inggris ketika musim liga berakhir.

Saat memimpin pertandingan, dia mengenakan mantel hitam dan celana pendek di atas legging, tentunya memakai jilbab. Saat pertama kali dia memimpin pertandingan, para pemain tidak percaya bahwa dia adalah wasit.

"Ketika saya pertama kali muncul ke pertandingan, anda bisa mendengar beberapa anak laki-laki hanya terkekeh. Mereka meragukan saya sambil berkata 'tidak mungkin dia adalah wasit?! tidak!'," kenangnya.

"[Tapi] mereka dapat melihat bahwa saya adalah wasit karena saya memakai perangkat lengkap saya."

"Tentu saja, sepakbola tidak ada dalam budaya saya. Tapi Anda tahu, saya di sini untuk memecahkan stereotipe. Anak perempuan dapat bermain sepak bola, anak perempuan dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan. Agama saya adalah bagian dari saya dan saya menyukainya," ujarnya.

Bagi JJ, sapaan akrabnya, menjadi muslimah berarti menjadi orang baik, sederhana, dan melakukan apa yang membuatnya bahagia. "Saya pikir saya melakukan semua itu. Tetapi ketika orang mulai mencampur budaya dengan agama, saat itulah menjadi membingungkan karena beberapa budaya super, super ketat, dan orang-orang mengira itu karena agama," kata dia.

Menurut hukum Islam, pria dan wanita tidak boleh saling menyentuh, jadi JJ memakai sarung tangan untuk berjabatan tangan dengan para pemain.

Setelah ini, dia berharap ke depan semakin banyak perempuan yang mengambil bagian dalam sepakbola.

Sebelumnya, JJ tumbuh bermain sepak bola di Mogadishu, Somalia. Kemudian dia memutuskan untuk menjadi wasit lebih serius setelah belajar. 

Mulanya ada sebuah liga cewek lokal yang kekurangan wasit pertandingan, dan JJ menjadi sukarelawan. "Saya menjadi sukarelawan untuk liga perempuan yang disebut Capital Girls League. Tapi kini saya menjadi wasit profesional," pungkasnya.

Sumber: metro.co.uk
Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...