​Rekam Jejak Abu Umar, Ketua JAD Jatim di Blitar

​Rekam Jejak Abu Umar, Ketua JAD Jatim di Blitar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - SA alias Abu Umar (SA) terduga teroris yang ditangkap Densus 88 bersama istri sirinya WMW (40) di rumah kontrakannya Perum Banjararum Blok BB, Singosari, Kabupaten Malang, belakangan diketahui merupakan warga Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Banyak tetangga kaget mendengar penangkapan pria yang sehari-hari disapa Apin oleh warga. Warga lebih kaget setelah mendengar Samsul Arifin alias Abu Umar adalah ketua Jemaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Timur.

Salah satu tetangga yang juga teman sekolah Samsul Arifin mengungkap fakta saat masih bersekolah Samsul sempat mengajukan permohonan ganti nama. Nama yang dimohonkan pun bukan nama yang lazim digunakan warga pada umumnya. 

"Minta ganti nama, kalau gak salah nama Abu Umar yang sekarang digunakan itu, namun tidak diperbolehkan pihak sekolah," tutur warga yang enggan disebutkan namanya itu, Kamis (17/5/2018).

Sementara Sugilah tetangga lainnya mengungkapkan jika Fatokah ibu Samsul Arifin sempat syok mendengar kabar penangkapan anaknya. Jauh sebelum putranya tertangkap bahkan Fatokah juga sempat berkeluh kesah pada tetangga dekatnya itu terkait perubahan sikap anaknya. 

"Tetangga sini juga banyak yang kaget. Ibunya sering mengeluh tapi gak bisa berbuat banyak karena sepertinya Apin itu sudah tidak bisa dinasehati," paparnya.

Dilihat dari latar belakang pendidikan, Samsul Arifin yang dikenal sebagai seorang guru ngaji dan penjual buku itu adalah lulusan S1 STI Al Muslihun Tlogo, Kanigoro. Rumah keluarga Samsul Arifin di RT 03 RW 02 Desa Jatinom itu selama ini memang dikenal tertutup dari tetangga sekitar. Meski asal usul keluarganya merupakan keluarga terpandang di Desa setempat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO