Selasa, 23 Oktober 2018 00:37

Tanam Ratusan Pohon Libatkan Pemuda, UPT P2SKP Bulu Gelar Acara "Pantaiku Berseri 2018"

Kamis, 10 Mei 2018 21:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Irwan Susanto
Tanam Ratusan Pohon Libatkan Pemuda, UPT P2SKP Bulu Gelar Acara "Pantaiku Berseri 2018"

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (P2SKP) Bulu, Kabupaten Tuban, menggelar acara menanam tanaman Cemara Udang dan melakukan bersih-bersih di sekitar pesisir pantai di Tuban Jawa Timur.

Ada 400 batang Tanaman Cemara Udang dan 50 Pohon Kelapa yang ditanam di kawasan pesisir di Desa Bulu Meduro Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban Jawa Timur, Selasa (08/05/2018).

Acara yang bertajuk "Pantaiku Bersih, Lestari, dan Berseri 2018" tersebut dihadiri langsung oleh Kepala UPT Pelabuhan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan (P2SKP) Pratiwi Sulistyani.

"Kegiatan pesisir pantai berseri ini sebagai upaya untuk mendorong masyarakat berpola hidup bersih guna menjaga kelestarian dan fungsi lingkungan hidup serta mendukung program pembangunan kelautan dan perikanan di Indonesia," terang Pratiwi Sulityani.

Perempuan yang akrab disapa Yani ini mengatakan, gerakan Pesisir Pantai Berseri ini bertujuan untuk menghijaukan pantai menjadi lebih hijau, teduh, dan sejuk, sekaligus menyelamatkan wilayah pesisir pantai dari abrasi.

“Tanaman Cemara Udang kita manfaatkan untuk penghijauan, yang nantinya memiliki 2 fungsi yang kita harapkan. Meliputi kelestarian alam dan bermanfaat pula untuk Pariwisata,” katanya.

Selain berfungsi sebagai pelabuhan nelayan, dijelaskannya, UPT P2SKP Bulu Kabupaten Tuban ke depannya akan dibuat sebagai taman wisata pesisir yang bisa berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan karena hijau pantaiku, bersih, teduh dan asri.

"Ke depannya nanti akan menjadi obyek wisata yang asri, edukasi untuk pembelajaran dan akan berimbas positif pada tingkat perekonomian masyarakat setempat," paparnya.

Diharapkan setelah dilakukan penghijauan di UPT P2SKP Bulu Kabupaten Tuban ini. warga sekitar, baik nelayan ataupun pengunjung tetap merawat dan menjaga agar taman wisata pesisir tetap asri dan sejuk.

"Nah, agar tercipta kondisi wilayah pesisir pantai yang nyaman dan asri diperlukan peran serta masyarakat untuk memiliki kesadaran akan pentingnya kawasan hijau di pesisir pantai yang nantinya dapat dirasakan kembali oleh seluruh masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Hadi Iswanto SPI, MM selakuKasubag TU UPT P2SKP Bulu menambahkan, gerakan pesisir berseri ini selain menanam cemara udang di pesisir pantai. juga dilakukan gotong royong bersih-bersih lingkungan pantai. Kegiatan ini juga melibatkan karang taruna Bulu Meduru dan Banjarjo, Tokoh Masyarakat, dan 200 Siswa-Siswi dari SMA Desa Bulu Meduro Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban Jawa Timur.

“Dipilihnya peran pemuda, khususnya kalangan pelajar, karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa dan diharapkan menjadi pelopor untuk mewujudkan program pesisir berseri dan menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

Sekadar diketahui, pesisir berseri 2018 “Pantaiku bersih, Lestari dan Berseri” yang dilakukan oleh UPT P2SKP Bulu, Tuban juga dihadiri oleh Kapten Inf Priwahyudi Danramil 0811/12 Bancar, Ipda Edy Siswanto Wakapolsek Bancar, Tuban Jawa Timur.

Selain itu, Kamladu Wilayah, Kepala Desa Bulu Meduro dan Banjarjo, Ketua HNSI dan Rukun Nelayan juga tampak hadir. Turut hadir juga peraih Kalpataru 2010 kategori perintis lingkungan H. Ali Mansur.

Pesisir Pantai Berseri 2018 ini semakin meriah dengan banyaknya fun games yang doorprize berbagai hadiah dari panitia yang diikuti oleh seluruh peserta. Serta, diiringi hiburan musik dan tongklek (hiburan khas Kabupaten Tuban Jawa Timur). (irw/ags/rev)

Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Sabtu, 20 Oktober 2018 19:42 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Menjadi viral saat ada rombongan umrah menyanyikan lagu Ya Lal Wathan, termasuk yang memb...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...