K3PG Resmikan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah

K3PG Resmikan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Dirut PT. PG Nugroho Christijanto ketika memotong pita.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Koperasi Karyawan Keluaga Besar (K3PG) kini memiliki Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS). Bidang usaha baru ini diresmikan besama dengan persemian Swalayan K-Mart dan Kantor Pusat K3PG, Senin(7/5/2018).

Ketua Pengurus K3PG, Rohmat mengatakan K3PG memliki kegiatan usaha simpan pinjam, perdagangan, dan maufaktur. Bidang usaha yang paling diminati oleh anggota adalah simpan pinjam.

"Kegiatan simpan pinjam K3PG meliputi simpan pinjam konvensional dan berbasis syariah. Simpan pinjam syariah yang sudah berjalan selama ini masih berbentuk unit atau USPPS (Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah), bersifat terbatas baik dalam hal pelayanan maupun pengembangannnya," ujarnya.

Capaian USPPS di tahun 2017 sebesar Rp 24,3 miliar atau 15,8% dari omzet simpan pinjam konvensional di tahun yang sama, sebesar Rp 153,7 miliar.

Hal ini membuktikan transaksi yang bersifat syariah semakin diminati anggota. Karena itu, saat ini KSPPS K3PG sudah menjadi badan usaha mandiri dengan badan hukum terpisah dari K3PG. Badan hukum KSPPS K3PG bertanggal 16 Maret 2018.

Untuk mendukung usaha ini, pengurus K3PG telah bersinergi dengan beberapa perbankan syariah yang ada di Kabupaten Gresik. Di antaranya Syariah Mandiri, BRI Syariah, maupun dengan Danamon Syariah.

Sebagai pendukung operasional, KSPPS K3PG juga memiliki tiga orang Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang telah memiliki sertifikat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Satu di antaranya adalah Dosen di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dan dua lainnya adalah anggota K3PG.

K3PG juga meresmikan Swalayan K-Mart, yang sebelumnya dikenal dengan Toko Swalayan K3PG. Swalayan hadir dengan wajah baru dalam rangka untuk menciptakan brand image agar menarik lebih banyak lagi konsumen, khususnya dari masyarakat umum.

"Selama ini Swalayan K3PG seolah-olah hanya untuk anggota koperasi. Dengan nama baru ini diharapkan swalayan yang dimiliki K3PG bisa diterima seluruh masyarakat," terangnya.

Toko Swalayan K3PG merupakan salah satu pioner usaha di K3PG yang berdiri sejak tahun 1984, bersamaan dengan berdirinya K3PG. "Kami berupaya untuk melakukan penguatan brand image dan perbaikan fisik toko swalayan agar lebih menarik dan nyaman di tengah maraknya swalayan ritel yang ada berbagai daerah," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO