Jumat, 19 April 2019 16:30

Tauwa Pak Yudi Laris Manis, Bisa Habiskan 15 Liter Air Jahe per Hari

Minggu, 22 April 2018 21:59 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: -
Tauwa Pak Yudi Laris Manis, Bisa Habiskan 15 Liter Air Jahe per Hari
Tampak tumpukan jurigen berisi air jahe di lapak Tauwa Pak Yudi... foto: Retno/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pagi hari, Jl Darmo Harapan 1 selalu ada mobil berjejer untuk mengantre membeli Tauwa Pak Yudi.

Yudiono (43) mengawali usaha jual tauwa sejak tahun 1998 dengan berkeliling menggunakan motornya. Berpikir untuk membuka usaha, tauwa menjadi pilihan Yudi agar dirinya tidak lagi ikut orang untuk mencari nafkah.

“Awalnya saya jual bakso, dan itu ikut orang. Jadi saya berpikiran untuk buka usaha sendiri aja, dan tiba-tiba kepikiran buat tauwa,” ungkap Yudi.

Semua bahan yang Yudi butuhkan diperoleh dari Pasar Pabean, dan semua bahan Yudi kelola sendiri di bantu oleh sang istri. “Saya masak sendiri semuanya, tauwa, kacang, dan kuah jahe. Kalau cakue itu ngambil dari orang,” ucapnya.

Untuk saat ini, Yudi sudah memiliki 4 orang karyawan untuk membantunya berjualan, dan kebanyakan pembeli berasal dari perumahan tersebut, dan tak jarang rela mengantre demi mendapatkan tauwanya. “Kebanyakan yang beli memang orang cina, biasanya habis nanti jam 2, bukanya jam 7 pagi,” jelas Yudi.

Bertempat di jalan Darmo Harapan 1, ada beberapa orang yang juga berjualan tauwa seperti tauwa Pak Yudi, namun tempat Yudilah yang paling banyak didatangi pembeli dan tak pernah sepi pengunjung. Yudi tidak takut akan persaingan usaha tauwanya, karena Yudi sendiri sudah punya banyak pelanggan tetap dan tauwa miliknya memiliki cita rasa berbeda dari pada tauwa yang lain.

“Tauwa saya itu, saya campur dengan jahe merah, orang yang seneng dan buat anget di badan kan jahe merahnya. Gulanya juga tidak pakai pemanis, pokoknya semua asli dan sampai sekarang alhamdulillah banyak yang suka, sampe tawon saja ikut makan,” jelas Yudi sembari tertawa.

Untuk sekali proses pembuatan tauwa, yudi membutuhkan sekitar 12 kg Jahe, 10 kg kacang, hingga 25-30 kg gula. Untuk per porsinya sendiri, tauwa Pak Yudi dibandrol dengan harga 6 ribu, dan Rp 7,5 ribu jika ditambah cakue. Sedang untuk omzet sendiri, Yudi mampu raup keuntungan hingga Rp 9 juta per bulan.

Ditanya harapan ke depannya, Yudi menginginkan untuk mempunyai toko yang tetap untuk berjualan tauwa, sehingga Ia tak perlu berjualan di pinggir jalan lagi. Selain ingin mempunyai tempat yang lebih nyaman untuk pelanggan, Yudi juga tidak mau terkendala oleh Satpol PP lagi saat Ia berjualan.

“Saya ingin buat tempat, ya deket-deket sini ajalah, tapi belum tau tempatnya di mana, maunya saya yang menetap gitu. Kalau berjualan di jalan ya pasti kena Satpol PP juga,” ungkapnya. (*)

Sumber: Retno A W
Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...