Senin, 19 Agustus 2019 07:27

Tauwa Pak Yudi Laris Manis, Bisa Habiskan 15 Liter Air Jahe per Hari

Minggu, 22 April 2018 21:59 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: -
Tauwa Pak Yudi Laris Manis, Bisa Habiskan 15 Liter Air Jahe per Hari
Tampak tumpukan jurigen berisi air jahe di lapak Tauwa Pak Yudi... foto: Retno/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pagi hari, Jl Darmo Harapan 1 selalu ada mobil berjejer untuk mengantre membeli Tauwa Pak Yudi.

Yudiono (43) mengawali usaha jual tauwa sejak tahun 1998 dengan berkeliling menggunakan motornya. Berpikir untuk membuka usaha, tauwa menjadi pilihan Yudi agar dirinya tidak lagi ikut orang untuk mencari nafkah.

“Awalnya saya jual bakso, dan itu ikut orang. Jadi saya berpikiran untuk buka usaha sendiri aja, dan tiba-tiba kepikiran buat tauwa,” ungkap Yudi.

Semua bahan yang Yudi butuhkan diperoleh dari Pasar Pabean, dan semua bahan Yudi kelola sendiri di bantu oleh sang istri. “Saya masak sendiri semuanya, tauwa, kacang, dan kuah jahe. Kalau cakue itu ngambil dari orang,” ucapnya.

Untuk saat ini, Yudi sudah memiliki 4 orang karyawan untuk membantunya berjualan, dan kebanyakan pembeli berasal dari perumahan tersebut, dan tak jarang rela mengantre demi mendapatkan tauwanya. “Kebanyakan yang beli memang orang cina, biasanya habis nanti jam 2, bukanya jam 7 pagi,” jelas Yudi.

Bertempat di jalan Darmo Harapan 1, ada beberapa orang yang juga berjualan tauwa seperti tauwa Pak Yudi, namun tempat Yudilah yang paling banyak didatangi pembeli dan tak pernah sepi pengunjung. Yudi tidak takut akan persaingan usaha tauwanya, karena Yudi sendiri sudah punya banyak pelanggan tetap dan tauwa miliknya memiliki cita rasa berbeda dari pada tauwa yang lain.

“Tauwa saya itu, saya campur dengan jahe merah, orang yang seneng dan buat anget di badan kan jahe merahnya. Gulanya juga tidak pakai pemanis, pokoknya semua asli dan sampai sekarang alhamdulillah banyak yang suka, sampe tawon saja ikut makan,” jelas Yudi sembari tertawa.

Untuk sekali proses pembuatan tauwa, yudi membutuhkan sekitar 12 kg Jahe, 10 kg kacang, hingga 25-30 kg gula. Untuk per porsinya sendiri, tauwa Pak Yudi dibandrol dengan harga 6 ribu, dan Rp 7,5 ribu jika ditambah cakue. Sedang untuk omzet sendiri, Yudi mampu raup keuntungan hingga Rp 9 juta per bulan.

Ditanya harapan ke depannya, Yudi menginginkan untuk mempunyai toko yang tetap untuk berjualan tauwa, sehingga Ia tak perlu berjualan di pinggir jalan lagi. Selain ingin mempunyai tempat yang lebih nyaman untuk pelanggan, Yudi juga tidak mau terkendala oleh Satpol PP lagi saat Ia berjualan.

“Saya ingin buat tempat, ya deket-deket sini ajalah, tapi belum tau tempatnya di mana, maunya saya yang menetap gitu. Kalau berjualan di jalan ya pasti kena Satpol PP juga,” ungkapnya. (*)

Sumber: Retno A W
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...