Peduli Warga Miskin, Masjid At Takwa 1 Bangkalan Gelar Jumat Berbagi

Peduli Warga Miskin, Masjid At Takwa 1 Bangkalan Gelar Jumat Berbagi Masyarakat yang berkerumun d depan masjid menunggu pembagian nasi bungkus.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Masjid At Takwa 1 yang berada di Jalan Moh. Kholil No. 31 Jumat (20/4) pagi tadi dikunjungi banyak orang. Mereka bergerombol di depan pagar masjid yang sengaja pintunya dibuka setengah.

Saat BANGSAONLINE.com mendekat, ternyata orang-orang itu menunggu pembagian nasi bungkus untuk dibuat sarapan. Meski harus mengantre, mereka menunggu gilirannya dengan sabar.

Sebanyak 200 bungkus nasi itu sengaja disediakan pihak masjid untuk dibagikan kepada orang-orang yang kurang mampu. 

Takmir Masjid At Takwa 1 Drs KH Sarjono mengatakan bahwa hal tersebut merupakan agenda 'Jumat Berbagi' bersama orang-orang yang tidak mampu. "Setiap Jumat pagi pukul 05.30 WIB, Masjid At Takwa 1 ini selalu menggelar Jumat Berbagi ini," kata Kiai Sarjono.

Ia mengaku, nasi bungkus tersebut berasal dari para jamaah masjid yang memiliki kelebihan ekonomi sehingga dengan mudah untuk berbagi. "Budaya berbagi di masjid ini sudah jalan hampir 2 tahun. Apalagi bulan puasa, Masjid At Takwa setiap hari bagi-bagi bungkusan nasi dan takjil," tambahnya.

Ia mengajak kepada masyarakat yang mempunyai kelebihan harta untuk berbagi di lingkungannya masing-masing. "Mungkin bagi orang tertentu nasi bungkus tidak berarti, tapi ada sebagian banyak masyarakat yang membutuhkan," tandasnya.

Sarjono mencontohkan saat pembagian di Masjid At Takwa 1 ini, selalu saja ada yang tidak kebagian nasi bungkus setiap Jumatnya. "Mari belajar berbagi walau hanya dengan satu bungkus. Yang penting istiqomah," tuturnya.

Jatima (60), salah satu masyarakat yang merasakan nikmatnya nasi bungkus itu mengaku sangat senang dengan adanya Jumat Berbagi ini. Warga Kampung Demangan Timur ini mengaku sudah setahun menjadi langganan tetap pembagian nasi bungkus Masjid At Takwa 1.

"Hampir setiap Jumat selama setahun ini, saya datang ke Masjid At Takwa menunggu pembagian bungkusan nasi. Alhamdulillah, saya selalu dapat bagian nasi bungkus. Maklum saya sudah tua, tidak ada pendapatan," terangnya. (bkl2/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO