Peduli Warga Sakit dan Kurang Mampu, Pemkot Kediri Punya Program Home Care Service

Peduli Warga Sakit dan Kurang Mampu, Pemkot Kediri Punya Program Home Care Service Tim Home Care Service dari RSUD Gambiran Kota Kediri saat memeriksa salah satu pasien di rumahnya. Foto: ARIF K/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Beruntung menjadi warga Kota Kediri, terutama bagi yang menderita sakit dan kurang mampu dalam ekonomi. Mereka kini bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, pemerintah setempat mempunyai layanan program Home Care Service, di mana dokter dan perawat yang berkunjung untuk melakukan pemeriksaan pada pasien.

Program ini mempunyai tujuan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Kota Kediri, dimana petugas medis yang berasal dari RSUD Gambiran Kota Kediri ini mengunjungi rumah pasien dan melakukan perawatan serta observasi medis. 

Apakah perlu adanya perawatan lanjutan perawatan medis rumah sakit atau hanya rawat jalan. Tak hanya model pelayanan jemput bola, namun pelayanan ini juga bebas biaya alias gratis bagi warga Kota Kediri. 

Koordinator Pelayanan Homecare Service Kota Kediri Kristika menjelaskan, program ini merupakan perpaduan dari berbagai macam instansi, mulai dari dinas pendidikan, dinas sosial, dinas kesehatan, dan pihak medis RSUD Gambiran Kota Kediri. 

“Pelayanan Home Care Service ini merupakan pelayanan jemput bola kepada pasien warga Kota Kediri secara gratis bagi mereka yang kurang beruntung dalam bidang ekonomi, bekerjasama dengan dinas terkait mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan RSUD Gambiran Kota Kediri,” jelas Kristika, Kamis (19/4).

Menurut Kristika, pelayanan ini merupakan kerjasama antar instansi dinas karena tidak hanya pasien saja, tapi untuk keluarga pasien. Biasanya jika pasien berada dalam kondisi ekonomi yang kurang beruntung, tak hanya pasien saja yang mengalami kesusahan, bagaimana kondisi anak, orang tua, tempat tinggal dan sekolahnya. 

"Untuk itulah dibutuhkan kehadiran dinas pendidikan, dinas sosial, dinas kesehatan dan RSUD Gambiran untuk mengcover keseluruhan masalah," terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO