Bupati Malang Minta Dukungan Pusat untuk Peningkatan Bandara Abd. Saleh

Bupati Malang Minta Dukungan Pusat untuk Peningkatan Bandara Abd. Saleh

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bappeda Kabupaten Malang mengadakan kegiatan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Malang 2018 di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Rabu (28/3). Musrenbang ini sekaligus dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Malang tahun 2019.

Musrenbang Kabupaten Malang tahun 2018 ini dibuka secara resmi oleh Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna. Dalam sambutannya, Rendra berharap Pemerintah Pusat melakukan penguatan program dan pendanaan terkait upaya mengatasi isu pembangunan di Kabupaten Malang. Di antaranya, terkait masalah pengurangan angka kemiskinan dan dukungan percepatan pembangunan infrastruktur strategis.

Hal ini disampaikan Bupati yang berhubungan dengan penyelesaian pembangunan Jalan Lintas Selatan, jalan tol Malang-Pandaan, percepatan pembentukan Badan Otorita Bromo Tengger Semeru (BOBTS), menaikkan tingkatan Bandara Abd Saleh menjadi Bandara Internasional, dan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari.

Rendra mengaku sudah melaporkan kepada Gubernur Jawa Timur, bahwa KEK Singosari dan BOBTS ini akan berdampak besar pada pembangunan bagi masyarakat di wilayah Malang Raya. Bahkan, ia menyebut keduanya akan menjadi bagian dari pembangunan dan kebersamaan. Terlebih, kawasan BTS dipilih Pemerintah Pusat menjadi salah satu dari 10 unggulan destinasi wisata andalan Nasional.

"Pintu masuk ke puncak Bromo yang paling strategis dan cepat diakses adalah melalui pintu Kabupaten Malang. Karena jika dijangkau dari Bandara Abd Saleh itu hanya butuh waktu 1,5 jam sampai puncak Bromo dengan support akses, akomodasi, dan berbagai macam destinasi ikutan," imbuhnya.

"Maka dari itu, kami mohon dukungan Pemerintah Pusat, jika BOBTS dan Abd Saleh sudah naik kelas menjadi Internasional akan berdampak positif terhadap percepatan datangnya wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara," pungkas Rendra.

Kegiatan kali ini dihadiri utusan dari pemerintah pusat, yakni Kepala Subdit Perumahan Bappenas Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Nurul Wajah Mujahid. Hadir juga Plt Kepala Bakorwil, Budi Supriayanto, MSi dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Unggul Nugroho dan sejumlah anggota.

Musrenbang yang dipimpin Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomy Herawanto kali ini diikuti 378 desa dan 12 kelurahan se Kabupaten Malang. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO