Satban Koarmatim Laksanakan Latihan Navigasi Bahari TW-I Tahun 2018

Satban Koarmatim Laksanakan Latihan Navigasi Bahari TW-I Tahun 2018

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan profesionalitas personel, Komandan Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim Kolonel Laut (P) Singgih Sugiarto, S.T., selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat) melaksanakan pembinaan Personil. Pembinaan dilakukan melalui Latihan Navigasi Bahari TW- I Tahun 2018, bertempat di ruang kelas Satban Koarmatim, Ujung Surabaya, Senin (12/03/2018).

Pelatihan Navigasi dan Bahari tahun 2018 ini dimulai dari tanggal 12- 14 Maret 2018 dan diikuti 60 Prajurit Bintara dan Tamtama dari perwakilan KRI di jajaran Satban Koarmatim. Adapun materi latihan yang diajarkan atau dilatihkan di antaranya, Prosedur menghitung Moonset atau Moonrise, Peraturan Dinas Dalam (PDD) khas TNI AL saat kapal berlayar, pengenalan Kompas Magnit dan Kompas Gyro,menghitung angin benar, membaca dan plot cuaca, menghitung pasang surut, metode lego jangkar dan pelajaran peluit.

Selain itu, KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci ditunjuk untuk menjadi tempat latihan praktek dalam latihan Navigasi dan Bahari, karena kedua kapal tersebut merupakan jenis kapal layar latih yang masuk dalam KRI jajaran Satban Koarmatim.

Tujuan dari latihan Navigasi dan Bahari adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang peralatan Navigasi, kemampuan ploter, tali-temali serta perawatan kapal kepada prajurit Satban Koarmatim.

"Harapan serta sasaran latihan Navigasi dan Bahari adalah anggota yang baru masuk dapat mengerti, mengetahui, mampu serta memahami apa yang diajarkan oleh Instruktur dan dapat dipraktekan dalam tugas-tugas yang akan datang nantinya," kata Dansatban. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO