Senin, 19 Agustus 2019 11:31

Kedai Kopi Moeljo Sajikan Kopi serta Ruang Belajar

Minggu, 11 Maret 2018 23:10 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: -
Kedai Kopi Moeljo Sajikan Kopi serta Ruang Belajar
pentas seni di kawasan kedai kopi. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kedai kopi Moeljo bukan hanya menjadi ruang istirahat dan minum kopi, tapi juga jadi ruang belajar dan inspirasi.

Kedai Kopi Moeljo berlokasi tidak jauh dari simpang Joko Dolog Taman Apsari. Di kedai disajikan pandangan yang menarik, sebab Kedai Kopi Moeljo berhadapan langsung dengan gemerlap lampu gedung Tunjungan Plaza. Kedai ini digagas oleh sekawan yang bernama Dodot, Dicky, Satrio, dan Awan.

Saat berada di kedai, pengunjung disajikan dengan ruang yang sederhana beserta rak-rak buku untuk dibaca. Ruang belajar adalah konsep yang ditawarkan Kedai Kopi Moeljo. Gagasan tersebut muncul atas tujuan bersama bahwa kopi bukan bermain, melainkan ruang belajar dan saling berinteraksi sekaligus menginspirasi.

"Di sini kita dan teman-teman lain saling belajar, berdiskusi, dan saling tukar informasi meskipun berlainan latar belakang disiplin ilmu," terang Dodot kepada Bangsaonline.com. 

Ide-ide yang muncul dari diskusi-diskusi tersebut membuahkan beberapa kegiatan yang berlangsung di Kedai Kopi Moeljo. Di antaranya, diskusi sastra yang pernah dinarasumberi oleh Indra Tjahyadi dosen sekaligus sastrawan Jawa Timur, performing music, sampai deklamasi puisi. "Bahkan pernah juga menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mendiskusikannya," tambah Dodot.

Diskusi yang diadakan terbilang unik, sebab narasumber berada di kedai sedangkan audien berada di seberang jalan. "Meskipun berada saling seberang antara pemateri dan audiens tidak menghambat berlangsungnya diskusi, justru membuat audiens dan narasumber lebih focus," ujar Dodot.

Bagi Dodot, ruang belajar sudah tidak lagi harus di seminar, ruang kelas, bahkan area kampus, kini belajar pun dapat melalui kedai kopi. Ia ingin kedai kopi dan ruang belajar ini membentuk pola pikir yang tertata agar tidak terjebak pada salah pemahaman, apalagi sampai terprovokasi.

Menu yang ditawarkan Kedai Kopi Moeljo beragam, mulai dari kopi Dampit, Kintamani, sampai Flores. Namun Dodot mengaku yang banyak dipesan dan akhirnya menjadi unggulan kedai ini adalah menu kopi susu. Di samping itu tersedia beberapa olahan susu sampai wedang uwuh.

Soal harga cukup terjangkau, kisaran tujuh ribu sampai dua belas ribu rupiah. Kedai Kopi Moeljo buka mulai pukul 12 siang sampai 1 dini hari.

Kedai yang baru genap usia satu semester ini sudah menjadi langganan dari mahasiswa beberapa kampus Surabaya, bahkan tokoh-tokoh pegiat seni dan sastra Surabaya. "Menjalin pertemanan, persaudaraan dan kekeluargaan menjadi hal utama bagi kedai kopi ini. Sebab dengan begitu, akan menambah semangat untuk terus mengembangkan kedai ini menjadi lebih baik," jelas Dodot. (*)

Sumber: *M Ainur Rofiiqi
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...