Peringati Hari Jadi Gresik, Wabup Qosim Ajak Pejabat Forkopimda Ziarahi Makam Waliyullah

Peringati Hari Jadi Gresik, Wabup Qosim Ajak Pejabat Forkopimda Ziarahi Makam Waliyullah Wabup Moh Qosim bersama pejabat Forkopimda saat di makam Waliyullah. Foto: Syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sebagai rangkaian kegiatan memperingati HUT yang ke-44 tahun dan Hari Jadi Kota Gresik yang ke-531 tahun, Wakil Bupati Moh. Qosim mengajak pejabat dan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) di lingkungan Pemkab berziarah ke makam Waliyullah, Rabu (8/3).

Ziarah diawali dari komplek makam Sunan Maulana Malik Ibrahim terletak di Kelurahan Gapurosukolilo Kecamatan Gresik. Di komplek makam Maulana Malik Ibrahim, rombongan Wabup juga berziarah ke makam Bupati pertama Gresik, KRT Poesponegoro yang letaknya tidak jauh dari makam Maulana Malik Ibrahim.

Selanjutnya Wabup bersama rombongan bergeser menuju komplek makam Sunan Giri di Kelurahan Kebomas Gresik. Di Cungkup Makam Kanjeng Sunan Giri, orang nomor dua di bersama rombongan nampak khusyuk mengikuti lantunan doa dan dzikir yang dipimpin kiai setempat.

Rombongan lalu berzirah ke makam Sunan Prapen yang letaknya sekitar 500 meter dari makam Sunan Giri. Di sana, Wabup beserta rombongan juga terlihat khusyuk memanjatkan doa.

Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri dan Sunan Prapen merupakan Auliya yang dikenal sebagai Wali Songo atau Wali Sembilan. Sunan Giri dan Syech Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik adalah penyebar agama Islam di Gresik.

Sedangkan KRT Poesponegoro adalah Bupati pertama Gresik yang menjabat pada tahun 1669 hingga tahun 1732 masehi.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono menyatakan, kegiatan ziarah merupakan salah satu upaya untuk selalu ingat pada leluhur. Kegiatan ziarah dilakukan setiap tahun yakni saat peringatan HUT dan Hari Jadi Kota Gresik.

“Kita jadikan moment peringatan HUT dan Hari Jadi Kota Gresik untuk selalu ingat kepada pendahulu kita. Yakni dengan melakukan ziarah seperti ini. Dan ini selalu kita lakukan setiap tahun,” terangnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO