Tanya-Jawab Islam: Pentingnya Menjaga Tali Silaturahmi

Tanya-Jawab Islam: Pentingnya Menjaga Tali Silaturahmi Dr. KH. Imam Ghazali Said.

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Sebelum puasa tahun ini akan mengadakan lamaran di Kudus karena saya memang asli sana. Rencana bapak saya, saudara-saudara ibu saya yang dari Solo tidak diberi tahu dengan alasan ngirit biaya. Bingung saudara-saudara Solo mau ditidurkan di mana karena rumah kami di Kudus hanya ada 3 kamar. Bagaimana menurut Ustadz sikap bapak saya tersebut? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Wassalamualaikum.

Dari Weni, Lamongan

Jawaban:

Pertanyaan yang Anda ajukan sebenarnya sangat terkait dengan kebiasaan dan adat ketika salah satu anggota keluarga akan melangsungkan pernikahan atau pun masih lamaran saja. Sikap apapun yang diambil sebenarnya boleh-boleh saja atau mubah selama dalam melamar nanti tetap menjaga hukum-hukum syariat.

Hal terpenting dalam mengambil sikap di atas (apapun sikapnya) harus tetap menjaga hubungan tali silaturahmi antar keluarga, jangan sampai terjadi putus silaturahmi. Jika sikap yang diambil kelak akan menjadikan problem keluarga dan bahkan menjadi putus, hindari sikap itu.

Sebab memutus tali silaturahmi ancamannya sangat jelas. Jubair Ibnu Muth’im melaporkan bahwa Rasul saw bersabda:

لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَاطِعُ رَحِمٍ

“Tidak akan masuk surga orang yang memutus silaturrahmi”. (Hr. Abu Dawud:1488)

Allah juga berfirman di dalam surat Muhammad:

هَلْ عَسَيْتُمْ إِن تَوَلَّيْتُمْ أَن تُفْسِدُوا فِي اْلأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ أُوْلَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO