Emil: Jatim Harus jadi Episenterum Ekonomi Indonesia Masa Depan

Emil: Jatim Harus jadi Episenterum Ekonomi Indonesia Masa Depan

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak menegaskan bahwa Jawa Timur dengan segenap potensi dan kondisi riilnya harus benar-benar menjadi mesin penggerak ekonomi Indonesia.

Modal untuk itu, kata doktor ekonomi pembangunan tersebut, lebih dari cukup untuk menjadikan provinsi dengan penduduk terbesar ke-2 tersebut sebagai episentrum baru di Tanah Air.

”Ada seperempat industri Indonesia berada di Jawa Timur, menyumbang seperenam perekonomian Indonesia dan memiliki penduduk hampir 40 juta atau lebih besar dari Negara Belanda dan Malaysia,” papar Emil saat menyampaikan orasi politiknya di hadapan kader DPD Partai Golkar Lamongan, Rabu (28/2).

Bukan itu saja, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini menyebut Jawa Timur menyumbangkan seperlima perdagangan di Indonesia, sehingga peran Jawa Timur untuk mendorong perekonomian Indonesia ini menjadi sangat penting.

Di sisi lain, Jatim juga menyodorkan tantangan besar buat para pemimpin daerah ini ke depan. Terutama, soal kemiskinan yang terus dipacu agar angka penurunannya terus signifikan. Indeks kemiskinan Jatim saat ini masih berada diatas rata-rata angka kemiskinan Nasional.

Tantangan lain, lanjut Emil, yakni soal angka ekspor Jatim yang dinilai masih rendah. Ekspor Jawa Timur masih rendah jika dibandingkan dengan angka impor. Karenanya barang dari luar negeri lebih besar jumlahnya daripada yang dikirim ke luar Negeri.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO