Harga Cabe dan Bawang Putih di Pacitan Terus Melambung

Harga Cabe dan Bawang Putih di Pacitan Terus Melambung Nur, salah seorang pedagang sayuran di Pacitan. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Harga cabe dan bawang putih kian melejit. Dalam sepekan terakhir ini, harga bahan baku pembuatan sambal tersebut tembus di kisaran Rp 56 ribu per kilogramnya (kg) di tingkat pengepul. Sementara di tingkat pengecer, harga cabe sudah mencapai Rp 65 ribu per kg hingga Rp 70 ribu per kg. Padahal sebelumnya harga cabe hanya sekitar Rp 35 ribu per kilogramnya.

Nur, salah seorang pedagang sayuran di sepanjang Jln Gatot Subroto Pacitan mengungkapkan jika harga cabe rawit saat ini di kisaran Rp 55 ribu hingga Rp 56 ribu per kilogramnya. Sedangkan harga cabe merah keriting Rp 35 ribu setiap kilogram. "Itu harga penjualan per kilogramnya. Kalau pembelian eceran setiap ons dijual seharga Rp 6.500 hingga Rp 7.000," jelasnya, Sabtu (24/2).

Selain cabe, harga bawang putih juga melambung tinggi. Menurut Tini, salah seorang pedagang asal Kecamatan Sudimoro, harga bawang putih dari semula Rp 24 ribu per kg saat ini sudah bertengger di kisaran Rp 30 ribu per kg. "Itu harga kiloan. Kalau dijual eceran jelas semakin mahal," timpalnya di tempat terpisah.

Joni Maryono selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekkab Pacitan saaat dikonfirmasi menjelaskan kenaikan sejumlah komoditas bahan pokok dan holtikultura tersebut lebih dipengaruhi faktor musim. Hal tersebut yang menyebabkan produksi petani merosot. "Hukum ekonomi berlaku di sini. Di mana saat kebutuhan meningkat sementara ketersediaan menurun, tentu harga jual juga akan melonjak," tuturnya.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut masih terbilang wajar. "Namun begitu, pemkab akan terus melakukan pemantauan. Kalau memang ada kenaikan tak sewajarnya, kita akan segera gelar operasi pasar," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO