Tampung Ragam Kegiatan, SCC Juga Bakal Dijadikan Mal Pelayanan Publik

Tampung Ragam Kegiatan, SCC Juga Bakal Dijadikan Mal Pelayanan Publik MEGAH: Suasana resepsi Hari Jadi ke-159 Kabupaten Sidoarjo sekaligus soft launching Gedung Sidoarjo Community Center (SCC), Sabtu (17/2) malam. Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sidoarjo kini memiliki gedung megah yang bisa dimanfaatkan untuk beragam kegiatan. Mulai dari acara pameran, seni budaya, hingga resepsi pernikahan. Masyarakat bisa memanfaatkan gedung yang dinamai Sidoarjo Community Center (SCC) tersebut.

SCC yang berlokasi di Jalan Lingkar Timur Sidoarjo itu segera bisa dipakai. Itu ditandai dengan soft lauching sekaligus dipakai untuk resepsi Hari Jadi ke-159 Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (17/2) malam. Gedung SCC ini juga bakal dipakai untuk Mal Pelayanan Publik.

Rencana memanfaatkan SCC sebagai Mal Pelayanan Publik disampaikan Saiful Ilah. “Sementara akan dipakai untuk Mal Pelayanan Publik,” ucapnya. Pemanfaatan itu untuk memenuhi permintaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) agar Pemkab menyediakan Mal Pelayanan Publik.

Permintaan tersebut, kata Saiful Ilah, karena Pemkab meraih penghargaan role model pelayanan publik nasional dari KemenPAN-RB paska sejumlah inovasi pelayanan publik yang digagas Pemkab Sidoarjo.

Bupati yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, pelayanan publik satu atap tersebut akan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang mudah. Berbagai pelayanan pemerintahan ada di gedung tersebut.

Seperti pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil, pelayanan perijinan, pelayanan pertanahan maupun pelayanan imigrasi terkait paspor sampai pelayanan kepolisian ada di tempat tersebut. Untuk itu ia meminta dukungan masyarakat Sidoarjo agar nantinya mal pelayanan publik tersebut dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

Pria yang karib dipanggil Abah Ipul ini menambahkan, gedung SCC dibangun untuk memenuhi harapan masyarakat. Hal itu pasca dibongkarnya Gedung Wanita di Sidoarjo. “Dukungan dari semua lapisan masyarakat, Organisasi Perangkat Daerah maka gedung serbaguna ini dapat diwujudkan,” jlentrehnya.

Dia menyebut, gedung SCC dibangun di atas lahan hampir 6 hektar. Gedung dibangun secara bertahap dan sudah dikerjakan selama tiga tahun ini. Total dana APBD yang digelontorkan untuk gedung SCC, mencapai Rp 112 miliar lebih. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO