Kunjungi Osing, Puti Soekarno: Saya Ingin Jawa Timur Hidup dengan Budayanya

Kunjungi Osing, Puti Soekarno: Saya Ingin Jawa Timur Hidup dengan Budayanya Puti saat asyik menari Gandrung dengan salah satu penari, Sabtu (27/1). Foto: IST

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - disambut meriah di kampung adat suku Osing, di Desa Kemiren, Glagah, Banyuwangi. Calon Wakil Gubernur Jawa Timur itu bahkan tertarik ikut menari Gandrung.

“Selamat datang Mbak Puti di kampung kami. Kami senang dikunjungi. Semoga selalu ingat dengan kami,” kata tetua kampung menyambut, Sabtu (27/1) siang. 

Banyuwangi memang memelihara kampung adat Osing. Pemerintah Daerah setempat membantu anggaran pada warga yang mempertahankan model rumah adat. 

“Nanti kalau Gus Ipul dan Mbak Puti terpilih, saya harap ada dukungan anggaran Pemprov Jatim untuk pelestarian budaya,” kata Made Cahyana, Ketua DPRD Banyuwangi, yang mengiringi Puti.

Saat tiba, cucu Bung Karno itu disambut ramah. Gamelan khas Banyuwangi pun ditabuh meriah. Mereka juga dijamu dengan makanan khas kampung adat, yang disajikan berjejer di atas tikar, di tengah jalan. 

Pasangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu juga berkesempatan untuk melihat kehidupan di kampung Osing. Beberapa peralatan tradisional tersedia di tempat itu, seperti lesung alat penumbuk padi, untuk menyambut tamu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO