Jatuh Cinta Pada Jawa Timur, Puti Soekarno Nyaleg di Dapil Jatim 1

Jatuh Cinta Pada Jawa Timur, Puti Soekarno Nyaleg di Dapil Jatim 1 Sri Untari Bisowarno, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berinteraksi dengan masyarakat Jawa Timur selama 5 bulan belakangan ini sudah cukup membuat Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri atau biasa disapa Mbak Puti jatuh cinta pada Jawa Timur. Mantan Cawagub pendamping Gus Ipul itu pun memilih untuk maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) di daerah pemilihan Jatim 1 yang meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno mengakui kalau Puti Soekarno maju sebagai caleg DPR RI dari dapil Jatim 1. Sebelumnya Puti maju caleg dari dapil Jabar X yang meliputi Kabupaten Ciamis, Kuningan, dan Kota Banjar. Bahkan lewat dapil Jabar X, Puti dua kali terpilih sebagai anggota parlemen. Pada daftar bacaleg yang diserahkan PDI Perjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, nama Puti berada di nomor urut 2 di bawah Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan, Bambang Dwi Hartono. Bambang saat ini juga tercatat sebagai anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim.

"Iya.. benar, Mbak Puti maju sebagai caleg dari Dapil Jatim 1. Beliau sudah jatuh cinta pada Jawa Timur yang merupakan tempat kelahiran kakeknya, Bung Karno," ujar Untari, Jumat (20/7).

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini mengakui, DPD PDI Perjuangan Jatim sejak awal berinisiatif mengusulkan agar Mbak Puti dicalonkan sebagai anggota DPR RI dari dapil Jatim. Ternyata usulan itu direspon DPP dengan menetapkan Puti sebagai caleg DPR RI dapil Jatim 1. Sementara Guruh Soekarno Putra yang semula di dapil Jatim 1 beralih ke Jatim VI yang meliputi kabupaten/Kota Blitar dan Kediri serta Kabupaten Tulungagung.

Untari menambahkan, Mbak Puti pun menyambut gembira keputusan DPP tersebut. Pasalnya, beliau juga secara pribadi ingin tetap bersama masyarakat Jawa Timur. Puti merasa sudah menyatu dengan masyarakat Jatim, sebab selama kampanye pilgub lalu sudah terbangun chemistry antara dirinya dengan masyarakat Jatim.

"Alhamdulillah, Mbak Puti akan bertemu lagi dengan warga Jawa Timur. Beliau sudah kadung jatuh cinta dengan Jawa Timur, makanya memilih menjadi wakil rakyat bagi masyarakat Jatim di parlemen," imbuh Untari.

Untari menampik dugaan kalau pencalegkan Puti di dapil Jatim 1 sebagai upaya untuk mempersiapkan cucu proklamator kemerdekaan itu maju sebagai calon wali kota Surabaya. Terlebih Risma sudah tak bisa mencalonkan diri karena sudah dua periode menjadi wali kota. Menurut politikus yang akrab disapa Mbak Un tersebut, tak ada pemikiran seperti itu. Meski Surabaya menjadi kota yang punya nilai strategis dan harus dipertahankan pada pilkada tahun 2020.

"Tidak ada pemikiran ke arah sana (pilwali-red). Surabaya selama ini selalu dipimpin kader PDI Perjungan, karena itu pada pilkada nanti kita juga akan pertahankan. Kita punya banyak kader yang layak meneruskan kepemimpinan Bu Risma, contohnya Mas Whisnu Wakil Wali Kota saat ini," tandas politikus asal Kota Malang ini. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO