Segera Buka Lelang, DPUTR Gresik Kebut Revitalisasi Alun-Alun Tahap II

Segera Buka Lelang, DPUTR Gresik Kebut Revitalisasi Alun-Alun Tahap II Kondisi fisik proyek revitalisasi Alun-Alun Gresik tahap I.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemkab Gresik mengebut proyek revitalisasi Alun-Alun dengan segera mempersiapkan lelang.

Sekretaris DPUTR Pemkab Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman memprediksi jika lelang itu sudah bisa mulai Minggu depan. "Kami sudah melakukan persiapan prosesnya, tinggal menunggu perjanjian kinerja (PK) ditandatangani," ujarnya, Rabu (24/1/2018).

Percepatan lelang ini diakui Washil lantaran berkaca pada pembangunan tahap I di 2017 lalu yang molor. "Seharusnya dimulai pada pertengahan Juni 2017, kenyataannya baru bisa dilakukan bulan Agustus. Namun demikian, penyelesaian pekerjaan proyek tahap I merupakan sebuah prestasi. Bayangkan proyek sebesar itu bisa selesai dalam waktu 3,5 bulan," terangnya.

"Namun demikian, tak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa pihak yang merasa keberatan dengan pembangunan revitalisasi Alun-alun tersebut, karena itu kami atas nama Pemerintah Kabupaten Gresik menyatakan permintaan maaf," sambungnya.

Pada kesempatan itu, Washil juga menjelaskan tahapan pembangunan revitalisasi alun-alun. Untuk tahap I, yang dilaksanakan pada anggaran 2017, total dana yang terserap sebesar Rp. 10,3 miliar dari total pagu anggaran Rp 15,4 miliar. "Hal ini karena ada redesign dan beberapa pengurangan volume bangunan, maka ada penyesuaian dana. Kelebihan itu masuk kembali ke APBD dalam bentuk Silpa," jlentrehnya.

Sedangkan untuk pembangunan tahap II sebagai penyelesaian, Pemkab mengalokasikan anggaran Rp 9 miliar. “Mungkin Minggu depan sudah akan dimulai tahapan proses pelelangan. Pekerjaan yang akan dilakukan yaitu pembangunan selasar, keramik serta pekerjaan arsitektur lainnya. Di dalamnya juga termasuk pekerjaan penghijauan dan taman. Kalau lancar, pekerjaan bisa dimulai pada bulan Maret 2018, sehingga pada akhir November revitalisasi Alun-alun sudah bisa selesai semuanya," pungkasnya.(hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO