Selasa, 07 April 2020 03:39

Dibangun Megah, Alun-alun Gresik Disinyalir Kerap Dijadikan Transaksi PSK dan Berbuat Mesum

Selasa, 07 Januari 2020 23:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Dibangun Megah, Alun-alun Gresik Disinyalir Kerap Dijadikan Transaksi PSK dan Berbuat Mesum
Alun-Alun Gresik. foto: Radar Surabaya - Jawa Pos.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komisi I DPRD Gresik menyoal lemahnya pengawasan Alun-alun Gresik yang baru dibangun megah dengan menyedot APBD Gresik sekira Rp 19,5 miliar lebih.

Sebab, Alun-alun yang berada persis di depan Masjid Jami' Gresik kerap dimanfatakan muda-mudi untuk berbuat mesum. Bahkan, DPRD kerap mendapatkan laporan Alun-alun sering digunakan untuk transaksi wanita malam atau pekerja seks komersial (PSK).

"Bangunan Alun-alun yang lokasinya sangat tertutup sering dipakai pacaran muda-mudi, bahkan kerap digunakan wanita malam untuk bertemu pelanggannya dan bertransaksi," ujar Wakil Ketua Komisi I DPRD Gresik, Syaichu Busyiri usai hearing dengan Dispol PP dan instansi terkait, Selasa (7/1).

"Kami sering mendapatkan keluhan dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama di sekitar Alun-Alun karena Alun-alun kerap digunakan berbuat maksiat," imbuhnya.

(Syaichu Busyiri)

Menurut dia, minimnya pengamanan di Alun-alun membuatnya sampai menempatkan pemuda untuk berjaga di sana. "Saya minta seseorang untuk jaga Alun-alun, saya gaji sendiri. Karena saya merasa kecewa dengan kinerja dinas terkait," cetusnya.

Nah, dari hasil pengamatan pemuda itu, lanjut Syaichu, mereka menemukan banyak fakta orang berbuat mesum di sana. Sehingga, kondisi ini sangat mencoreng nama Gresik yang dikenal kota wali dan santri ini.

"Saya akan terus suruh orang untuk jaga dan awasi Alun-alun jika OPD terkait tak bisa bekerja maksimal menuntaskan persoalan ini," terangnya.

Kepala Dinas Satpol PP Gresik Abu Hasan membenarkan fakta yang dibeberkan Komisi I. Menurut dia, Dispol PP juga kerap mendapati muda-mudi berpacaran hingga berciuman di Alun-Alun.

"Sering sekali. Bahkan semalam ada 5 yang diamankan. Mereka kami bawa ke kantor untuk pembinaan," ungkapnya.

Abu Hasan menyatakan, pada 2019 pengamanan yang dilakukan masih hingga pukul 22.00 WIB. Sedangkan untuk pukul 22.00 WIB sampai 07.00 WIB dijaga petugas yang ada di Pendopo. "Kami punya dua tim. 6 orang shift pertama, jaga mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB, dan pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB," jelasnya.

Abu Hasan menyatakan telah mengantisipasi kondisi tersebut pada 2020 ini. Yakni dengan mengusahakan penjagaan hingga 24 jam, serta manambahkan lampu dan CCTV di Alun-Alun. "Ini upaya kami untuk pengawasan Alun-alun agar bisa lebih maksimal," pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik, Zurron Arifin mengakui kalau pengamanan Alun-alun hingga saat ini belum berjalan maksimal. "Baru ada 1 petugas keamanan taman di Alun-Alun. Saya akui memang tidak maksimal," cetusnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...