Hadirkan Polisi di Tiap RW, Polres Malang Kota Siapkan 500 Personil

Hadirkan Polisi di Tiap RW, Polres Malang Kota Siapkan 500 Personil AKBP Asfuri, SIK.MH, Kapolres Malang Kota, ketika ada satu acara dengan BP2D (Dispenda) Kota Malang. Foto: IST

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Polres Malang Kota di tahun 2018 berencana melaksanakan program 1 RW 1 polisi, dengan mengerahkan 500 lebih personilnya.

"Setiap satuan seperti Reserse, Intel, Sabhara dan satuan lainnya kita libatkan pada program polisi RW secara bervariasi jumlah personilnya," tutur Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, SIK.

Polisi RW nantinya merupakan kepolisian masyarakat yang sebelumnya hanya melibatkan satu personil Babinkamtibmas melekat atau standby di satu kelurahan yang menjangkau di banyak wilayah.

Asfuri menjelaskan tujuan dari Polisi RW yakni untuk menyerap aspirasi dan informasi masyarakat. Sekaligus mengantisipasi lebih dini wilayah kerjanya dari kejahatan peredaran narkoba, curanmor serta bentuk kejahatan lainnya.

"Dan tentunya ini, tidak berkaitan dengan ajang Pilkada, hanya kebetulan saja momentnya berbarengan dengan Pilkada 2018 Kota Malang," imbuhnya.

Ia menegaskan, Polisi RW tidak memengaruhi kinerja Babinkamtibmas, karena sudah memiliki porsi sendiri. "Tapi tidak menutup kemungkinan, Polisi RW bisa memback up Babinkamtibmas, untuk menanggulangi konflik sosial di masyarakat, plus pemantauan momen Pilkada di wilayah perkampungan," tegasnya. (iwa/thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO