Pasca Naik Tipe, Kapolda Jatim Pimpin Sertijab Kapolresta Malang Kota

Pasca Naik Tipe, Kapolda Jatim Pimpin Sertijab Kapolresta Malang Kota Kapolda Jatim Irjen. Pol Luki Hermawan saat memimpin Sertijab Kapolresta Malang Kota, dari AKBP Dony Alexander ke AKBP Leonardus H Simarmata, Kamis (28/11). foto: IWAN IRAWAN/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Baru tiga bulan, pucuk pimpinan Polres Malang Kota kembali berganti. Kamis (28/11) pagi tadi, dilaksanakan serah terima jabatan (sertijab) dari AKBP Dony Alexander kepada AKBP Leonardus Simarmata yang dipimpin langsung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

Cepatnya pergantian kapolres ini bukan tanpa alasan. Sebab, Polres Malang Kota baru saja naik tipe menjadi , sehingga harus dipimpin oleh perwira polisi berpangkat Komisaris Besar (Kombes) Polisi.

AKBP Dony selanjutnya bergeser sebagai Kapolres Pasuruan Kota. Sedangkan, AKBP Leonardus Simarmata sebelumnya adalah Wakapolrestabes Surabaya. "Pangkat AKBP naik ke Kombes milik Leonardus diperkirakan turun pada bulan Desember 2019 nanti," kata Kapolda Jatim.

Diungkapkan kapolda, di tahun 2019 ini ada dua Polres di wilayah Polda Jawa Timur yang naik tipe berdasarkan keputusan Menpan - RB, yakni dan Polresta Banyuwangi.

"Harapan nantinya di tahun 2020, ada penambahan perubahan tipe Polres. Kita akan usulkan seperti Polres Malang Kepanjen, Polres Tuban, dan Polres Jember," beber Luki.

Mengenai prasarana untuk perubahan tipe tersebut, Polri masih menganalisis dan mempelajari Polres mana saja yang butuh naik tipe. "Kami menekankan kepada Polres yang sudah berubah tipenya, mesti bisa melayani masyarakat semaksimal mungkin," tegasnya.

Wali Kota Malang Sutiaji yang hadir dalam sertijab tersebut berharap perubahan tipe Polres menjadi seiring dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Baik dari sisi pengamanan, pelayanan administrasi lainnya, hingga rasa keamanan dan kenyamanan warga Kota Malang.

"Tugas dan tanggungjawab semakin besar dan luas. Semoga perubahan tipe ini segara ada penyertaan di belakangnya. Sebagaimana disampaikan oleh Kapolda Jatim, adanya pemberian dukungan sarpras," pungkasnya. (iwa/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO