Senin, 19 April 2021 15:57

Enam Polres Jajaran Polda Jatim Terima Predikat Pelayanan Prima dari Menpan RB

Selasa, 16 Februari 2021 22:31 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Anatasia Novarina
Enam Polres Jajaran Polda Jatim Terima Predikat Pelayanan Prima dari Menpan RB
'Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020' oleh Kemenpan RB di Jakarta, Selasa (16/2).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan penghargaan predikat pelayanan prima kepada 12 polres di Indonesia. Reward itu diberikan lantaran terciptanya pelayanan publik yang baik.

Dalam hal ini, Kemenpan-RB melakukan evaluasi tiap tahunnya. Pada tahun 2020, Kemenpan-RB menilai setidaknya 209 unit layanan yang ada di Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro.

"Visi-misi Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin adalah reformasi birokrasi. Yang diinginkan pak Presiden kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri sampai Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Panglima TNI, dengan tiga matra sampai Koramil, Babinsa," kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo dalam acara virtual 'Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020', Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Adapun aspek yang menjadi penilaian predikat pelayanan prima itu adalah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi, dan pengaduan, dan inovasi pelayanan publik.

BACA JUGA : 

Polresta Sidoarjo Gelar Ibadah Minggu Bersama Pelajar Papua

Antisipasi Wajib Pajak 'Nakal', Polda Jatim-Ditjen Pajak Akan Bentuk Tim

Gandeng FBI, Polda Jatim Bongkar Pembuat Website Scam Untuk Cairkan Dana PUA Warga AS

4.696 Botol Miras Hasil Operasi Pekat Semeru 2021 Dimusnahkan Polrestabes Surabaya

Adapun 12 Polres, Polresta, dan Polrestabes yang meraih predikat pelayanan prima, enam di antaranya dari jajaran Polda Jatim antara lain, Polres Malang, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Malang Kota, dan Polresta Banyuwangi.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Gatot Repli Handoko menyebutkan, bahwa 6 Polres/Polresta yang meraih predikat pelayanan prima, bisa menjadi contoh serta motivasi bagi seluruh Polres/Polresta jajaran Polda Jatim yang lain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Enam polres/polresta di Jatim yang sudah mendapatkan predikat terbaik dalam pelayanan prima, nantinya bisa menjadi contoh bagi polres/polresta jajaran Polda Jatim," jelas Gatot, Selasa (16/2/2021) petang.

Sedangkan 40 Polres, Polresta, dan Polrestabes yang mendapat kategori sangat baik, di antaranya; Polres Lamongan, Polres Madiun, Polres Madiun, Polres Magelang, Polres Magelang Kota, Polres Mojokerto, Polres Pasuruan, Polres Pasuruan Kota, Polres Tuban, dan Polres Tulungagung.

Terkait penghargaan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kemenpan-RB yang telah melakukan pemantauan dan evaluasi atas kinerja pelayanan publik, khususnya di internal Kepolisian.

"Kami berusaha terus tingkatkan pelayanan publik prima dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kemajuan digital, sehingga pelayanan publik betul-betul pelayanan apa yang diharapkan masyarakat, khususnya memangkas birokrasi," ujar Sigit di kesempatan yang sama.

Oleh sebab itu, Polri, kata Sigit sudah membuat road map terkait dengan implementasi reformasi birokrasi dalam rentang waktu 2020-2024.

"Inovasi bertujuan pelayanan Polri yang lebih baik di masyarakat, pelayanan publik online disajikan Samsat online, SIM online, SKCK online," ujar Sigit.

Sigit pun berharap dengan diberikannya predikat pelayanan prima ini ke-12 Polres, Polresta, dan Polrestabes, mampu menciptakan iklim persaingan sehat di internal untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi yang jauh lebih baik lagi ke depannya.

"Saya ucapkan terima kasih ke-12 polres yang mengupayakan inovasi dan mendapatkan predikat prima, semoga jadi pemicu rekan lain untuk lakukan hal yang sama," harap Sigit.

Teh Panas Rp 5.000, Teh Dingin Rp 10.000, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (7)
Minggu, 18 April 2021 22:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com –Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan kali ini M Mas’ud Adnan – sang narator - mereview tentang orang Madura yang tiba-tiba haus. Ia pun pergi ke warung di pinggir jalan. Ia membeli teh. Di warung itu semua barang yang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...