KPU Jatim segera Lakukan Verifikasi Berkas Pasangan Calon

KPU Jatim segera Lakukan Verifikasi Berkas Pasangan Calon Komisioner KPU Jatim, M. Arbayanto saat memberikan tanda terima berkas kepada Hadi Mulyo Utomo, LO pasangan Khofifah-Emil.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dua Pasangan Calon (Paslon) Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dan Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jatim 2018, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno, telah mengembalikan berkas perbaikan persyaratan calon di KPU Jatim.

Selanjutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim akan segera melakukan tahapan berikutnya, yakni penelitian dan verifikasi berkas pasangan calon. Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis M. Arbayanto membenarkan dua paslon sudah menyerahkan berkas perbaikan. Di mana Tim Khofifah - Emil mengembalikan pada sabtu pukul 10.00 WIB dan Tim Gus Ipul - Puti megembalikan pada Jumat (19/1) malam sekitar 20.00 WIB.

"Selanjutnya kami akan melakukan penelitian berkas calon. Pada tahap ini kami akan menerima masukan dari masyarakat. Selanjutnya kami akan tentukan berkas tersebut Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," ujar Arba, Minggu (21/1).

Untuk berkas, menurut Arba secara komulatif sudah lengkap tinggal dilakukan verifikasi. Sejumlah berkas yang sebelumnya tidak lengkap juga sudah dilengkapi pada masa perbaikan. Ia mencontohkan, berkas yang diperbaiki oleh tim Gus Ipul - Puti dan Khofifah - Emil yaitu mulai LHKPN, SPT pajak hutang piutang, soal nama di ijazah kedua paslon juga sudah diperbaiki dan dua paslon tersebut juga mendapatkan surat dari pengadilan negeri.

Setelah menerima berkas perbaikan, pihak KPU akan kembali meneliti berkas perbaikan tersebut sampai tanggal 27 Januari 2018. "Apabila nanti ada berkas atau tidak lengkap penelitian ulang, pihak KPU akan memberi Tidak memenuhi Syarat (TMS). Tapi kami melihat sendiri berkas dua paslon tersebut sudah lengkap," ujarnya.

Hikmah Bafaqih Ketua Tim Pemenangan atau Tim Sukses Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno mengatakan bahwa tidak ada persyaratan calon yang terlalu sulit untuk dilengkapi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO