​Gus Ipul Kaget Anas Mundur dari Cawagub, Muncul Nama Ipong, Risma, dan Djarot

​Gus Ipul Kaget Anas Mundur dari Cawagub, Muncul Nama Ipong, Risma, dan Djarot Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas saat diumumkan sebagai bakal calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputeri. Foto: jawa pos

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) kaget mendengar kabar Abdullah mundur. Mas Anas -panggilan Abdullah - adalah calon Wakil Gubernur Jawa Timur pasangan Gus Ipul. Kabar mundurnya Mas Anas ini mengejutkan banyak pihak. Sebab selain pengunduran diri ini mendadak, juga dilakukan saat pendaftaran pilgub tinggal beberapa hari lagi, yakni 8 Januari 2018. Selain itu baliho Gus Ipul-Mas Anas ini sudah terpasang di semua kabupaten dan kota Jawa Timur.

"Kaget dan tidak tahu masalah pengunduran itu," kata Gus Ipul kepada awak media, Kamis (4/1/2018). Wakil Gubernur Jawa Timur itu juga enggan menjelaskan kenapa Mas Anas mundur. Menurut dia, pengunduran diri Mas Anas itu disampaikan lewat WA (WhatsApp). "Nanti yang akan menjelaskan biar mas Anas langsung," tegas Gus Ipul.

Kabar mundurnya Mas Anas ini sebenarnya muncul sekitar 3 hari lalu di grup WA. BANGSAONLINE.com sempat menerima kiriman pesan mengejutkan itu. Namun banyak pihak tak percaya. Hanya beberapa orang saja yang mencermati informasi pengunduran diri Mas Anas itu. Bahkan sampai tadi siang juga masih banyak yang belum percaya. ”Masak Anas mundur,” kata mereka. Apalagi para pengurus PDIP asal Jawa Timur membantah kabar itu. Sri Untari Bisowarno, Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur‎ mengklaim Gus Ipul-Anas tetap solid.

"Gak benar itu, Gus Ipul - Anas tetap solid. Tidak ada yang mundur. Lihat aja balihonya masih berdiri tegak," kilah Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim tersebut, Kamis (4/1).

Komentar serupa juga disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDI Perjuangan, Bambang Dwi Hartono. Mantan Wali Kota Surabaya itu mengatakan jika GI-Anas tetap maju pilgub Jatim.

"Tidak. Tidak benar kabar itu. Pasangan PDIP di pilgub Jatim masih GI-Anas," tegas anggota DPRD Jatim itu.

Lalu siapa pengganti Mas Anas. Info yang beredar masih simpang siur. Ada yang menyebut Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya. Namun ada juga yang menyebut Djarot Saiful Hidayat, mantan Wagub DKI Jakarta pasangan Ahok. Juga ada yang menyebut Ipong Muchlissoni, bupati Ponorogo kader Gerindra yang kini pindah ke Nasdem. (ma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO