PKBN MI Tahun 2017 Resmi Berakhir di Jakarta

PKBN MI Tahun 2017 Resmi Berakhir di Jakarta

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Setelah berlayar mulai tanggal 20-22 Desember dari Pangkalan Koarmatim Surabaya, KRI Banjarmasin-592 yang mengangkut 636 Mahasiswa peserta Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia (PKBN MI) tiba di Jakarta.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Prof. Intan Ahmad, Ph.D melaksanakan penutupan kegiatan PKBMI dalam rangka mendukung Nawacita 2017, bertempat di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Sabtu (23/12/2017).

Dalam amanat Dirjen Kemenristekdikti, bahwa seiring perkembangan zaman abad 21 yang dikenal sebagai abad informasi dan era globalisasi, tantangan paling nyata bagi Indonesia saat ini adalah persaingan kehidupan yang semakin luar biasa.

"Menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia, tak terkecuali ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan keamanan, dll," ujar Dirjen Kementristekdikti.

"Sebagai interopeksi, kita menyadari keberhasilan bangsa ini adalah karena tumbuhnya nilai-nilai yang melandasi membaranya semangat bela negara, yaitu rasa cinta tanh air, disertai rasa percaya diri sebagai bangsa besar yang berkeinginan kuat untuk meningkatkan daya saingnya, menyejajarkan diri dengan bangsa-bangsa majudan IPTEK dunia, serta kesadaran yang tinggi untuk membebaskan diri dari kebodohan, keterbelakangan, kemiskinan dan ketidakadilan," sambungnya.

Menutup sambutannya, Dirjen Kemenristekdikti, memotivasi mahasiswa peserta PKBN MI agar terus meningkatkan kohesi sosial dan pemahaman tentang keragaman Bangsa Indonesia, untuk menjadi Negara yang maju dan sejahtera.

“Kegiatan ini baik sekali, karena pada waktunya mereka lulus, para Mahasiswa ini akan mempunyai persahabatan dan jejaring dari seluruh Indonesia yang penting sekali dalam memimpin Indonesia melalui kerjasama antar perguruan tinggi yang bertujuan membangun karakter bangsa melalui media pelayaran kebangsaan bela negara,” ujarnya.

Dalam acara penutupan PKBN MI juga ditampilkan drum band dari Gema Sapta Samudera Politeknik Maritim Negeri Indonesia. Hadir di antaranya, Pangkolinlamil Laksda TNI Yudo Margono,S.E., M.M., Deputi Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Sekretariat Kabinet RI, Dr. Ir. Surat Indrijarso, M.Sc., Direktur Pembelajran Kemeristekdikti Dr. Ir. Paristiyanti Nurwandani, Kadispotmar Armatim Kolonel Laut (P) Ferry Supriady, S.T., M.M., dan seluruh pendukung PKBN MI 2017, serta undangan lainnya. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO