Lestarikan Lingkungan, Kapolres AKBP Fadly Samad Lepas Anak Penyu di Pantai Duta

Lestarikan Lingkungan, Kapolres AKBP Fadly Samad Lepas Anak Penyu di Pantai Duta Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad bersama jajaran saat pelepasan anak penyu di Pantai Duta.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Sebagai wujud pelestarian pantai, Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad bersama jajarannya melakukan pelepasan anak penyu di wisata pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Kamis (21/12) sore.

Sebelum melakukan pelepasan anak penyu, ada sedikit acara seremonial yang digelar Kapolres yang baru menjabat tersebut, yakni pemotongan tumpeng sebagai wujud peringatan hari ibu dan penyerahan kapal boot baru kepada Kasat Polairud. Kemudian dilanjutkan penanaman ratusan pohon mangrove di sisi selatan wisata Pantai Duta.

Usai melepas anak penyu, Kapolres, AKBP Fadly Samad mengatakan jika acara ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan kegiatan peduli lingkungan. "Ini juga bentuk edikukasi kepada masyarakat agar terus menjaga lingkungan disekitar kita," ujar Fadly Samad.

Dipilihnya pantai Duta sebagai acara itu, menurut mantan Kapolres Tuban ini karena pantai Duta memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi, pantai ini cukup ideal untuk penyu berkembang dan bertelur.

Bahkan, Fadly mengimbau agar penyu yang telah dilepas tidak ditangkap kembali.

"Ketika ditangkap lagi, sebaiknya dilepas ulang. Penyu-penyu merupakan hewan yang dilindungi. Makanya, jika ada niat warga yang merusak ekosistem ini, bisa dikenai Undang-Undang yang berlaku. Ini harus betul-betul diperhatikan," ancamnya.

Sementara, Kepala Resort BKSDA Probolinggo, Sudartono mendukung langkah Polres dengan kegiatan pelepasan anak penyu tersebut.

"Ini kegiatan yang cukup baik dalam pelestarian lingkungan. Harapannya, nantinya penyu itu bisa berkembang biak dan bertelur di sini. Ini sebuah langkah nyata, yang juga harus didukung oleh pihak yang lain," ujarnya. (ndi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO