Pemimpin Lumajang Ziarahi Petilasan Raja Arya Wiraraja

Pemimpin Lumajang Ziarahi Petilasan Raja Arya Wiraraja Bupati, wakil bupati, Forkopimda beserta kepala OPD, berziarah ke Makam Raja Lamajang Arya Wiraraja.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-762 dikemas dengan berbagai kegiatan umum dan religi. Salah satu kegiatan religi itu, berziarah ke makam Raja Lamajang, Arya Wiraraja di petilasan kawasan Situng Biting di Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamata Sukodono, Kamis (14/12).

Ziarah tersebut, salah satunya ditujukan untuk melestarikan budaya sebagai bentuk penghargaan kepada para leluhur dan tokoh pendiri Kabupaten . Ziarah itu dilakukan bupati, Forkopimda, kepala OPD di lingkup Pemda Kabupaten . Mereka membaca doa dan tahlil untuk arwah para leluhur.

Bupati As’at Malik menyampaikan, keberadan makam Arya Wiraraja merupakan bukti sejarah kerajaan jaman dulu. Dia meminta kepada pengurus makam agar merawat dengan baik.

"Kalau kita rawat dengan bagus akan menjadi wisata relegi yang baik, jadi mana yang harus diperbaiki sudah seharusnya diperbaiki," ujarnya.

Ia mengingatkan, warga sudah seharusnya mengetahui sejarah kerajaan jaman dulu. Ia mengutip perkataan Ir Soekarno; "Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah bangsanya."

Dalam kesempatan tersebut, bupati mengingatkan kepada para peziarah bahwa setiap orang pasti meninggal baik pejabat maupun masyarakat biasa. "Jangan terlalu tinggi memposisikan diri di hadapan orang lain," pesannya. (ron)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO