Senin, 19 November 2018 13:12

Jelang Akhir Tahun, Dewan Intensif Awasi Perbaikan Jalan di Blitar

Kamis, 07 Desember 2017 18:31 WIB
Wartawan: Akina Nur Alana
Jelang Akhir Tahun, Dewan Intensif Awasi Perbaikan Jalan di Blitar
Supriadi, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Menjelang akhir tahun 2017 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar mengintensifkan pengawasan sejumlah proyek perbaikan jalan di Kabupaten Blitar. Dewan melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kondisi infrastruktur jalan yang ada di beberapa titik.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Supriadi mengatakan, sidak yang dilakukan untuk melihat pembangunan infrastruktur jalan yang ada di Kabupaten Blitar, mulai dari wilayah Kecamatan Ponggok, Nglegok hingga Garum.

Menurutnya, berdasarkan hasil sidak, masalah utama kerusakan jalan masih tetap disebabkan oleh kendaraan yang muatannya melebihi tonase. Karena pihaknya pernah melakukan pengecekan di kantor Dinas Perhubungan dengan timbangan portabel yang hasilnya hampir semua truk bermuatan pasir itu melebihi tonase.

“Perbaikan yang dilakukan sebenarnya sudah dilakukan dengan baik. Namun setelah diperbaiki seharusnya yang lewat juga kendaraan yang tonasenya sesuai dengan kekuatan jalan. Selain itu juga masih banyak sisi jalan yang belum ada drainasenya, sehingga meski jalannya dibangun sebagus apapun masih dimungkinkan tergerus air," papar Supriadi, Kamis (7/12).

Lebih lanjut, pihaknya akan segera melakukan rapat khusus maupun rapat kerja bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk menyelesaikan masalah klasik yang selama ini belum terselesaikan.

"Sidak yang kita lakukan ini tidak akan berhenti di sini saja, melainkan akan terus kita lakukan di tempat lain. Lalu tentu saja kami akan mengklarifikasi ke instansi terkait tentang temuan-temuan dilapangan," tegasnya.

Menjelang akhir tahun ini, Dinas PUPR Kabupaten Blitar memang mengebut perbaikan ratusan titik jalan. Seperti diungkapkan Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR Kabupaten Blitar Sudarman, perbaikan yang dilakukan mencapai 300 titik jalan.

"Anggaran yang digunakan untuk perbaikan jalan tersebut menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P)," jelas Sudarman.

Dalam APBD-P, pihaknya mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp 34 miliar. Namun hanya digunakan untuk perbaikan jalan berupa tambal sulam. Mengingat minimnya waktu yang tersedia jika harus digunakan untuk proyek besar. "Karena waktunya terbatas otomatis tidak ada penambahan proyek. Hanya perbaikan di 300 titik tersebut, yang menyebar di seluruh wilayah di Kabupaten Blitar," tuturnya. (blt1/tri/ian)

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Senin, 19 November 2018 11:17 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...