Pemkot Blitar Bagikan Ribuan Sepeda

Pemkot Blitar Bagikan Ribuan Sepeda Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar menyerahkan sepeda gratis kepada siswa SMP. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Blitar membagikan sebanyak 4.400 sepeda kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), Rabu (6/12). Bertempat di depan kantor Wali Kota Blitar, pembagian ribuan sepeda gratis itu bertepatan dengan pemberangkatan kirab pemuda nusantara dari Kota Blitar.

Ribuan siswa SMP kelas 8 dan 9 nampak antusias mengikuti pembagian ribuan sepeda gratis yang dibagikan langsung oleh Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar.

"Setelah sempat tertunda beberapa kali akhirnya hari ini kita bagikan sebanyak 4.400 sepeda untuk siswa SMP di Kota Blitar," jelas Samanhudi Anwar, Rabu (6/12).

Setelah membagikan sepeda gratis, Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar didampingi forum pimpinan daerah Kota Blitar memimpin pawai sepeda yang diikuti rombongan kirab pemuda dan ribuan siswa SMP se-Kota Blitar.

"Insyaallah nanti tahun depan kita akan launching lagi sebanyak 1.300 sepeda untuk memenuhi kekurangan sepeda yang sudah kita bagikan tahun ini. Jadi ke depan semua siswa SMP akan menggunakan sepeda mulai kelas 7, 8 dan 9," paparnya.

Samanhudi Anwar menjelaskan, semua siswa yang bersekolah di Kota Blitar harus menggunakan sepeda sesuai jadwal yang telah ditentukan. Baik untuk siswa yang berdomisili di dalam Kota Blitar, maupun dari luar daerah. Tujuan utama pemberian sepeda bagi siswa SMP adalah untuk menciptakan budaya hidup sehat dengan bersepeda.

"Kita harus mengajarkan budaya hidup sehat. Selain itu, nantinya dengan menggunakan sepeda tingkat kemacetan juga akan berkurang karena tidak ada yang diantar. Nantinya seluruh siswa yang berasal dari luar kota begitu masuk perbatasan kota Blitar harus menggunakan sepeda. Kalau tidak nanti ada sanksi," paparnya.

Program sepeda ini menurut orang nomor satu di Kota Blitar tersebut, juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Terutama wali murid yang mendukung jika anak-anaknya pulang dan pergi sekolah menggunakan sepeda.

"Wali murid sangat antusias dan mereka sangat mendukung. Karena dengan bersepeda fisik mereka akan semakin sehat tidak tergantung dengan mesing dan polusi juga berkurang," tegasnya.

juga telah menyiapkan jalur dan jadwal penggunaan program sepeda. Di antaranya periode satu Senin, Selasa dan Rabu khusus untuk SMP Negeri 7, SMP Negeri 4, SMP Negeri 3, SMP Negeri 10 dan SMP Negeri 9. Sedangkan periode dua Kamis dan Jumat khusus untuk SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 6, SMP Negeri 5, dan SMP Negeri 8. (blt1/tri/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO