Rabu, 01 April 2020 08:52

Emil Punya Potensi Kuat Rangkul Pemilih Rasional Milenial dan Massa Mengambang

Kamis, 23 November 2017 00:51 WIB
Wartawan: M Didi Rosadi
Emil Punya Potensi Kuat Rangkul Pemilih Rasional Milenial dan Massa Mengambang
Airlangga Pribadi Kusman, PhD.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keputusan Partai Demokrat dan Golkar menyandingkan Khofifah Indar Parawansa dengan Emil Elestianto Dardak dinilai sebagai keputusan tepat. Pasalnya, sosok Emil dianggap bisa memperkuat posisi Khofifah yang mendapat dukungan dari massa NU tradisonal dan kaum perempuan.

Menurut CEO The Initiative Institute, Airlangga Pribadi Kusman, PhD,  profil Emil sebagai tokoh politisi milenial, berwawasan kosmopolitan dengan kepemimpinan yang bersih, sejalan dengan harapan pemilih di Jawa Timur. Karena itu, Bupati Trenggalek itu bisa merangkul generasi milenial yang jumlahnya sekitar 49 persen dari total pemilih dalam pemilihan gubernur Jatim 2018.

“Sosok Emil yang muda dan kosmopolitan bisa mewakili generasi milenial yang jumlahnya sangat dominan dalam pilgub 2018. Dengan begitu potensi Emil merangkul pemilih rasional dan massa mengambang sangat besar,” terang Airlangga Pribadi, Rabu (22/11).

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga ini menambahkan, Emil juga diuntungkan dengan posisi sebagai tokoh Mataraman dan memiliki latar belakang nasionalis. Mengingat, sebelum ini representasi Mataraman relatif absen dalam bursa pilgub Jatim.

“Emil bisa menarik simpati pemilih dari kelompok Nasionalis yang selama dua pilgub memilih Pakde karwo,” imbuh doktor ilmu politik dari Murdoch Universitiy, Austaralia itu.

Terpisah, Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa III (Jatim), Adies Kadir Mappong menjelaskan rekomendasi partai Golkar untuk Cagub Dan Cawagub Jatim sudah turun ke pasangan calon Khofifah Indar Parawansa (KIP) dan Emil Elestianto Dardak. Oleh karena itu secara otomatis kader Partai Golkar di semua tingkatan di Jawa Timur wajib menjalankan, mengamankan, dan memenangkan pasangan Khofifah-Emil.

Mantan Ketua DPD Partai Golkar Surabaya ini membeberkan, sudah menjadi kebiasaan di Partai Golkar kalau keputusan sudah diambil, maka semua kader otomatis mengikutinya. Itu adalah doktrin Partai Golkar yang diajarkan selama ini.

"Karena itu, kalau masih ada satu atau dua atau segelintir kader yang belum dapat menerima keputusan ini, cepat atau lambat pasti akan dapat berjalan bergandengan bersama untuk memenangkan Cagub dan Cawagub yg diusung oleh Partai Golkar," katanya.

“Partai kami juga tentunya akan bertindak tegas terhadap kader-kader partai yang tidak menjalankan keputusan partai Golkar. Kami akan tegakkan disiplin sesuai dengan AD/ ART partai,” tegas anggota Komisi III DPR RI tersebut. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...