Pemkab Malang Galakkan Senam Unik Mandep Mantep

Pemkab Malang Galakkan Senam Unik Mandep Mantep Para peserta saat melakukan senam Mandep Mantep, bertempat di Pendopo Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (21/11).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka menyambut hari jadinya yang ke-1257, Kabupaten Malang mengadakan bermacam-macam kegiatan. Salah satunya yakni lomba senam Madep Manteb yang bertempat di Pendopo Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (21/11).

"Senam kali ini bertujuan agar semua peserta bisa menjadi duta untuk kampanyekan senam dalam rangka memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat," tutur Bupati Malang Rendra Kresna, saat memberikan sambutan.

Rendra mengapresiasi semangat yang ditunjukkan oleh para peserta tersebut. Ia juga memberikan wawasan tentang filosofi dan pemahaman tentang senam Madep Manteb tersebut. Peserta juga secara spontan diminta untuk mengamati dan merasakan kondisi kesehatan masing-masing dengan duduk di lantai sambil mendengarkan sambutan Rendra Kresna.

Sesaat selesai melakukan senam, ia lalu meminta kepada semua peserta untuk duduk di lantai. Tujuannya adalah nanti ketika berdiri, supaya bisa dirasakan reaksi tubuh para peserta. "Pasti nanti rasanya ada yang biasa saja, ada yang kesemutan dan ada pula yang terasa berkunang-kunang. Dari situ kita akan memahami perlunya olahraga dan sudah cukupkah kita dalam berolahraga setiap harinya,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Dr. Abdurachman, MKes juga menyampaikan senam Madep Manteb itu merupakan senam yang unik dan hanya ada di Kabupaten Malang.

“Bukan hanya unik saja, tetapi musik lagu yang mengiringi senam tersebut syairnya sangat komunikatif. Juga sudah terbukti secara kesehatan bisa menurunkan kolestrol 1 hingga 4 Kalori sekali melaksanakannya," ungkapnya. (thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO