Dubes Perancis: Indonesia Memegang Komitmen Menjaga Perdamaian dan Stabilitas Asia Tenggara

Dubes Perancis: Indonesia Memegang Komitmen Menjaga Perdamaian dan Stabilitas Asia Tenggara

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Kolonel Laut (P) Agus Hariadi mewakili Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menghadiri acara Cocktail Party yang diselenggarakan oleh French Navy Ship dengan nama Auvergne D654, bertempat di gladak kapal Auvergne D654 yang sandar di Dermaga Jamrud, Tanjung Perak, Surabaya, Senin (06/11/2017).

Dalam sambutannya, Duta Besar (Dubes) Perancis H.E. Jean Charles Berthonnet menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran tamu undangan di acara ini, khususnya kepada pihak negara Indonesia yang sudah menyambut kedatangan rombongan dengan baik. Kedatangan kapal ini ke Indonesia dalam rangka menjalin kerjasama dalam bidang kemaritiman yang sudah berjalan lebih tepatnya dengan TNI AL dan bidang Industri.

Lanjutnya, kunjungan ini juga menindaklanjuti hubungan kerjasama yang sudah disepakati pada bulan Maret 2017 antara Indonesia dan Perancis tentang bidang pertahanan dan pemberantasan Illegal Fishing. Oleh karena itu, sore tadi berlangsung Mini Expo Industri Pertahanan di atas Kapal Perang Perancis Auvergne D654 bersama mitra dari Indonesia.

Dalam kunjungan kali ini juga dilaksanakan latihan menembak dan latihan olah raga air menggunakan ECUME yaitu perahu motor cepat.

Di akhir sambutannya, Kedubes Perancis di Indonesia menyampaikan, bahwa kedatangan kapal Perancis di Surabaya mengilustrasikan kehadiran Prancis di belahan bumi ini khususnya Indonesia, yang memegang komitmen turut andil dalam menjaga perdamaian dan stabilitas Asia Tenggara. Namun tidak bisa dipungkiri negara Perancis adalah negara wilayah Indo Pasifik, dengan harapan hubungan bilateral antara Perancis dan Indonesia tetap terjalin harmonis dan baik. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO