Uji Kompetensi Pejabat Eselon IVA, Bupati Gresik Peringatkan OPD yang Masih 'Copas' Program

Uji Kompetensi Pejabat Eselon IVA, Bupati Gresik Peringatkan OPD yang Masih Bupati Sambari menyapa peserta uji kompetensi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menggembleng ratusan pejabat eselon IVA dalam gelaran uji kompetensi di Ruang Mandala Bakti Praja kantor Pemkab Gresik, Senin (6/11) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Bupati memberikan peringatan kepada sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kurang inovatif, alias masih gemar copy paste (copas) program-program di tahun sebelumnya. 

"Kalau tidak mampu bekerja silakan pilih nonjob. Saya mengakui, bahwa sampai saat ini saya merasa belum berhasil meningkatkan kinerja para pejabat. Saya merasakan masih banyak program copy paste pada OPD. Program-program yang sama masih terulang dari tahun ke tahun. Mungkin hanya ada penambahan biaya antara 5-10 persen dari biaya tahun sebelumnya," ungkapnya.

Untuk itu, Sambari meminta pada pimpinan OPD agar pandai mengaplikasikan kebijakan menjadi sebuah program.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) M. Nadlif menyatakan, uji kompetensi ini diikuti 120 peserta dari total 900 pejabat eselon IVA yang ada di Pemkab Gresik. Kegiatan ini digelar untuk mengetahui kemampuan pejabat yang bersangkutan.

“Dengan uji kompetensi, kami bisa mendapat data kompetensi dan kriteria pejabat yang bersangkutan. Dengan demikian, kapan saja kami bisa memutar posisi dan menempatkan pejabat tersebut sesuai kompetensinya. Tentunya di luar jabatannya yang sekarang, ” katanya.

Uji kompetensi pejabat struktural bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dilaksanakan selama 2 hari, Senin-Selasa (7-8/11/2017).

Hari pertama akan dilaksanakan kompetensi dasar dan tes psikologi. Sedangkan hari kedua dilaksanakan diskusi kelompok dan paparan. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO