Wali Kota Kediri Launching Rute Aman Selamat Sekolah

Wali Kota Kediri Launching Rute Aman Selamat Sekolah Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Kapolresta AKBP Anthon Haryadi dan juga Kepala Dinas Perhubungan Ferry Djatmiko saat mencoba jalur sepeda.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar turut serta bersepeda dengan pelajar dan umum sekaligus melaunching RASS atau Rute Aman Selamat Sekolah, Minggu (5/11), di SMP Negeri 1 Kota Kediri Jl. Diponegoro.

Abdullah Abu Bakar mengungkapkan, di Kota Kediri angka kecelakaan kendaraan bermotor cukup tinggi yang range usianya adalah anak-anak sekolah menengah pertama (SMP). Dengan hal tersebut baik orang dewasa, anak-anak muda, maupun komunitas Kota Kediri, akhirnya berinisiatif membuat suatu gerakan-gerakan seperti contohnya bersepeda malam hari yang diaksanakan setiap akhir bulan. Tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi kepada masyarakat, bahwa sebaiknya dalam melakukan aktivitasnya menggunakan alat transportasi yang tidak berbahaya dan menyehatkan, yaitu sepeda.

“Di negara maju seperti Cina, Jepang, dan Belanda, sepeda merupakan gaya hidup. Maksudnya dalam melakukan aktivitas, orang-orang di sana lebih suka bersepeda dan juga berjalan kaki. Selain untuk mengurangi kemacetan, juga menyehatkan badan,” ujar Mas Abu sapaan Wali Kota Kediri.

Lebih lanjut Mas Abu menuturkan adanya jalur sepeda agar dimanfaatkan untuk bersepeda ke kantor, sekolah dan sebagainya. “Ke depan saya berharap, masyarakat lebih tahu bahwa jalan yang diberi warna hijau bergambar sepeda tersebut digunakan untuk bersepeda. Tapi kadang juga masih untuk parkir mobil. Kita terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas supaya ke depan jauh lebih bagus lagi,” kata Wali Kota Kediri.

Program lain Pemkot Kediri untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi, Mas Abu menjelaskan yaitu, adanya 3 unit bus sekolah gratis dari Kemenhub. Bus tersebut sebagai hadiah dari penghargaan Wahana Tata Nugraha dalam bidang tertib lalu lintas yang telah diraih oleh Pemerintah Kota Kediri selama 4 tahun berturut-turut mulai tahun 2013. Selain itu juga adanya angkot gratis untuk pelajar sekolah.

“Saya berterimakasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Kediri yang telah memberikan bus sekolah,” ujar Mas Abu sapaan populer Wali Kota Kediri.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO