Jelang Musim Tanam, PG Pastikan Stok Pupuk Subsidi Aman

Jelang Musim Tanam, PG Pastikan Stok Pupuk Subsidi Aman Petugas saat mengecek stok pupuk.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT (PG) menjamin ketersediaan stok pupuk bersubsidi menjelang musim tanam Okmar (Oktober 2017 - Maret 2018) aman.

Berdasarkan data per 31 Oktober 2017, dari alokasi s.d 31 Oktober 2017 sebesar 1,389,868 ton, PG telah menyalurkan sebesar 1,547,505 ton atau 111 persen dari alokasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk pupuk urea PG hanya menyalurkan ke 10 Kab/Kota di Jawa Timur, yaitu Kab Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Magetan, Ngawi, Madiun, Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kota Madiun. Sedangkan Kab/Kota lainnya dipasok oleh PT Pupuk Kaltim.

Sedangkan stok pupuk bersubsidi PG dari lini I hingga IV (gudang produsen, gudang penyangga, gudang distributor, hingga kios) mencapai 1.006.085 ton atau 6 kali lebih banyak dari stok ketentuan minimum Kementerian Pertanian (150.578 ton).

Dari jumlah stok nasional tersebut, sebesar 271.572 ton di antaranya merupakan stok untuk provinsi Jawa Timur.

Sekretaris Perusahaan PG Yusuf Wibisono menyatakan bahwa perusahaan sebagai salah satu anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen penuh untuk menyalurkan pupuk bersubsidi ke seluruh wilayah yang menjadi tanggungjawabnya. Karena pupuk merupakan salah satu elemen penting dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

“Kami informasikan kepada petani bahwa pupuk bersubsidi telah tersedia. Kami berkomitmen menyediakan stok pupuk bersubsidi bahkan melebihi ketentuan stok yang disyaratkan oleh Kementerian Pertanian,” ujar Yusuf.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO